WISATA SULAWESI UTARA


Selamat Pagi Pembaca yang baik hati. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan sehat selalu. Aamin. Saya pribadi sangat bersyukur menjadi Warga Negara Indonesia. Sebagai Traveller Indonesia merupakan Negara yang paling banyak dikunjungi baik wisatawan local maupun asing dengan beragam pilihan destinasi wisata yang tak kan pernah terlupakan. Sebelum saya jelaskan tentang apa saja tempat wisata di Sulawesi Utara, kebetulan sekali suami saya berasal dari daerah Sulawesi Selatan, sedikit banyak kekuatan daerah saling bertukar dan mencoba keberagaman budaya masing masing wilayah. Misalnya baju adat. Makanan. Bahasa dan Kini marilah kita pahami sedikit tentang Indonesia.

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) lebih umum disebut Indonesia adalah Negara Kaya Raya di Asia Tenggara yang terkenal dengan keaneka ragaman budayanya, dilintasi garis khatulistiwa dan berada diantara daratan benua Asia dan Australia.

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar didunia. Berdasarkan Wikipedia saat ini Indonesia memiliki 17.504 pulau. Dengan populasi hampir 270.054.853 jiwa pada tahun 2018. Menurut pusat studi Geografi Indonesia memiliki 34 Propinsi dan yang ingin saya jelaskan disini salah satunya yaitu propinsi Sulawesi Utara.

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu Kota Manado. Sulawesi Utara disingkat Sulut berbatasan dengan laut Maluku dan samudra pacific disebelah timur. Laut Maluku dan Teluk Tomini disebelah selatan. Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo disebelah barat. Masyarakat Manado memiliki motto hidup yaitu : Si Tou Timou Tumou Tou yang artinya “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain” atau “Orang hidup untuk menghidupkan orang lain”.

Saya ingin berbagi tentang 7 keindahan Wisata yang terdapat di Sulawesi Utara yaitu :

Taman Laut Bunaken Source : google.com
  1. Pada tahun 2005 UNESCO menetapkan bahwa Taman Laut Bunaken merupakan warisan yang sudah diakui dunia sebagai salah satu tujuan wisata. Bagaikan surga dibawah laut dengan banyak terumbu karang. Tempat terbaik di Manado untuk snorkeling atau diving. Jika anda memiliki hobby diving atau fotografi Air anda akan merasa betah dan ingin berlama lama melihat keindahan laut. Taman laut ini memiliki keindahan laut yang sangat luar biasa, dengan keanekaragaman biota dasar laut Tempat wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 35 menit dengan menggunakan speed boat dari pelabuhan manado jaraknya sekitar 7mil dari pelabuhan mando.
  2. Arung Jeram Timbukar. Arung Jeram merupakan water sport atau olah raga air yang bisa memacu adrenalin di Desa Timbukar Kecamatan Sonder. Keseruan arung jeram dapat dinikmati di sungai Nimanga dapat ditempuh selama dua jam dari kota manado menuju desa Timbukar. Sambil menikmati keindahan alam di Tanah minahasa yang tidak hanya terkenal dengan pantainya, juga menyuguhkan pemandangan gunung yang indah
  3. Pantai Ratatotok. terletak dikecamatan Minahasa Tenggara dan bisa ditempuh selama 3 jam dari Manado. Ratatotok merupakan kecamatan terbesar di Kabupaten Minahasa Tenggara. Merupakan surga wisata Daerah ini memiliki penambangan emas milik Newmont dan memiliki wisata bahari yang sangat menakjubkan. Memanjakan mata dan bagi dunia fotografi merupakan salah satu tempat terbaik untuk pemotretan di Sulawesi Utara.
Pantai Ratatotok Source : lelungan.net

4. Air Terjun Kima Atas menjadi salah satu satu destinasi wisata favorit diManado. Jaraknya sekitar 15 km sekitar 20 menit saja dari kota Manado. Tempat wisata air terjun ini sangat indah, asri dan sejuk. Ada banyak pepohonan rindang. Keindahan alam di air terjun ini begitu mempesona. Disini anda akan melihat air terjun jatuh dalam dua benturan dan tiga tingkatan. Jadi air terjun berundak undak membuat pemandangan sangat bagus.

Air Terjun Kima Atas Source : majalahkartini.co.id

5. Museum Negri Sulawesi Utara. Berlokasi strategis di Jalan WR. Supratman No. U2 Manado Sulawesi Utara juga mempunyai sederet koleksi ornament bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan manusia, alam semesta serta kebudayaan asli Sulawesi Utara. Bagi anda yang memiliki anak usia sekolah sangatlah pas untuk diajak berkeliling museum dapat menambah ilmu pengentahuan sejarah dan beragam budaya yang harus dilestarikan.

Museum Negri Sulawesi Utara Source : Google

6. Mendaki Gunung Tumpa adalah hutan lindung yang terdiri dari berbagai pepohonan yang didalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna eksotis. Gunung tumpa memiliki ketinggian 750 meter diatas permukaan air laut menjadikan gunung ini memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Ukuran gunung yang cukup kecil dan cocok bagi pendaki gunung pemula. Juga merupakan wisata spot paralayang terbaik di Manado. Berada dikelurahan Tongkaina kecamatan Bunaken Kota Manado.

7. Wisata Kuliner. Selain keindahan alam,Sulawesi Utara juga dikenal dengan kelezatan kulinernya. Jalan jalan ke Sulawesi tak lengkap untuk mencicipi sajian khas daerah tersebut. Sulawesi Utara terkenal dengan rempah rempah pilihan. Tak hanya lezat namun juga diyakini ampuh menyembuhkan asma. Beberapa pilihan menu makanan yang sangat kondang yaitu : Bubur Mando. Mie Cakalang, sambal Roa dan Sambal dabu dabu. Wisata kuliner yang akan saya bahas disini adalah COLOCOLOJO – Ikang Bakar. Berlokasi di Jalan. Piere Tendean Marina Plaza (Wisata Kuliner depan Marina Hash Inn Manado. Sulawesi Utara 95111) disini disediakan makanan seafood berkualitas tinggi yang fresh dan sambal khas yang istimewa. Menu favorit bagi pengunjung yang datang adalah ikan bakar dabu dabu.

Nah bagaimana perasaan dan imaginasi teman teman setelah membaca ulasan saya diatas tentang Sulawesi Utara? Pasti sudah tidak sabar untuk segera berkemas kemas kemudian memesan tiket perjalanan dan bereksplorasi Wisata Sulawesi Utara. Saya sendiri ingin sekali merasakan keindahan alam dasar taman laut Bunaken. Siapa yang sudah pernah ke Bunaken? boleh tinggalkan dikolom kementar ya. Sebagai Warga Negara Indonesia yang cinta tanah air kita wajib menjaga kelestarian budaya dan ecosystem alam agar terciptanya kehidupan yang aman dan damai. Serta dibutuhkan kesadaran untuk kembali ke akarnya bahwa kita memiliki bangsa yang besar dan kaya akan wisata alam dan warisan budaya.

Salam.

Opi Rahmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *