Tentang Perjalanan & Pekerjaan Perempuan

Assalamualaikum. Hello kind Readers

Kali ini saya menyapa dari Depok. Setelah beberapa hari stay di sentul.

Alhamdulilah beberapa hal sudah semakin terlihat hasilnyaa. Ini adalah Original tulisan saya setelah saya berperang dengan fikiran saya sendiri sampai uban mulai tumbuh dimana mana. Dan saya hampir memasuki usia 40. Rasanya belum siap. tapi mau tidak mau harus di hadapi dengan segala resiko yang akan ditemui. Berangkat dari rasa bersyukur yang tiada henti.

Saya adalah si Bolang yang menemukan Keajaiban dalam Sebuah Perjalanan. Yes! Saya lebih senang dikenal sebagai Traveller meski kadang saya tak rela meninggalkan sofa yang empuk dirumah dan Spring bed yang nyaman dengan dingin nya AC Samsung ditemani secangkir Vanilla Latte dan juga anak Perempuan yang cerewet baru saja Menjalani usia 5 tahun nya. Tak henti henti nya mengingatkan saya bak alarm akan segala hal hal kebutuhan kami dirumah.

Tapi mau tak mau saya akan tinggalkan demi sebuah perjalanan.

Melakukan perjalanan keluar kota atau Overseas Traveling seperti memegang aliran listrik tsnpa pengaman (Read : Kesetrum) memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan meninggalkan semua rutinitas kita itu  Therapy yang sangat dinamis & harmonis. Mendapatkan cahaya terang dalam sebuah kegelapan. Dimana tubuh kita mendapatkan sebuah energy baru. Relaksasi. Melihat suasana baru. Udara segar. Pemandangan eksotis  orang baru  pembicaraan yang berbeda dari biasa nya.  Seperti Hand Phone yang baru di charge 8 jam. Strong and Powerful! Setuju?

Saya tidak pernah percaya pada ramalan bintang, dengan dua alasan. Pertama karena sering kali ramalan nya tidak benar. Kedua memang berpotensi sirik. Memang jauh sebelum menemukan kalimat Traveller saya telah lama menemukan manfaat dari Hobi berjalan jalan. Apa saja Manfaat nya?

Namun dengan semangat dan tekad yang kuat semakin meneguhkan saya bahwa dengan sering nya kita Traveling dapat membuat kita bahagia. Me Time – Release Stress dan mendapatkan suasana dan environtment baru. Mendapatkan teman baru. Dan kita akan semakin terhibur bahkan akan semakin bertambah makmur. Semakin luas wawasan dan semakin banyak pula kawan.

Di Thailand. Merupakan Negara Head Quarter lokasi Kantor Pusat tempat saya bekerja. Setiap 3 bulan sekali saya harus melakukan Management meeting Business Traveling dengan Board of Director (BOD). Selain bekerja melakukan Business dengan Team dan yang paling menyenangkan dari overseas Traveling adalah bereksplorasi. Bukan cuma anak anak yang harus didukung eksplorasi nya. Bahkan orang dewasa pun perlu bereksplorasi tempat tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya bersama dengan teman teman tentunya. Mencicipi makanan halal di negara Thailand. Menikmati pulau kecil dan pantai eksotis.

Sedikit tentang Negara Thailand, Terletak di Asia Tenggara, Thailand mencakup area seluas sekitar 513.000 kilometer persegi (198.000 mil persegi) dan merupakan negara terbesar ke-50 di dunia dan terbesar ke-12 di Asia!

Bagian utara negara itu berbatasan dengan Myanmar dan Laos. Titik paling utara adalah Amphoe Mae Sai, Provinsi Chiang Rai, dengan tempat-tempat wisata seperti Pasar Mae Sai, Segitiga Emas, Wat Phra That Doi Wao, dan Wat Thampla (secara lokal dikenal sebagai Kuil Uang).

Bagian selatan negara adalah sebelah Malaysia dan Teluk Thailand. Titik paling selatan adalah Amphoe Betong, Provinsi Yala, yang berisi tempat-tempat wisata seperti Air Terjun La-ong Rung (Air Terjun Pelangi), Air Terjun Chaloem Phrakiat (Air Terjun I-yer Khem), Hutan Bala-Hala, lautan kabut di Gunung Microwave, dan Mata Air Panas Betong.

Bagian timur negara itu berbatasan dengan Kamboja dan Laos. Titik paling timur adalah Amphoe Si Mueang Mai, Provinsi Ubon Ratchathani, dengan tempat-tempat wisata seperti Sai Rung Waterfall (Air Terjun Pelangi), Kaeng Chu Kan, dan Hin Huai Soob Stone Yard.

Bagian barat negara itu bersebelahan dengan Myanmar dan Laut Andaman. Titik paling barat adalah Amphoe Mae Sariang, Provinsi Mae Hong Son, dengan tempat-tempat wisata seperti Wat Phra That Chom Thong, Wat Phra That Chom Chaeng, Wat Phra That Chom Kitti, Taman Nasional Salawin, Lapangan Bua Tong di Doi Mae Ho, dan Mae Sawan Air Terjun Noi.

Thailand dibagi menjadi enam wilayah: Utara, Timur Laut, Tengah, Selatan, Timur, dan Barat.

Utara adalah dataran tinggi negara. Rentang pegunungan yang luas mendominasi pemandangan dan merupakan sumber dari banyak sungai. Doi Inthanon, puncak tertinggi di Thailand, terkenal di kalangan turis selama musim dingin untuk fenomena Mae Kha Ning (embun beku) serta lautan kabut, jalur alam, air terjun, dan pemandangan botani.

Timur laut memiliki beberapa dataran tinggi utara yang indah tetapi juga dataran tinggi yang indah. Hom Mali Rice (Thai Jasmine Rice) ditanam di sini dan diekspor ke seluruh dunia. Sungai Mekong adalah sungai yang sangat menonjol yang melintasi daerah tersebut. Tempat-tempat populer di sepanjang Sungai Mekong termasuk Amphoe Chiang Khan dari Provinsi Loei, Pasar Tha Sadet di Provinsi Nong Khai, Pasar Indocina di Provinsi Mukdahan, dan Sam Pan Bok Grand Canyon di Provinsi Ubon Ratchathani.

Dan pada akhirnya harus saya katakan bahwa seorang Taveller harus mempercayakan assistant Business Traveling kepada salah satu applikasi yang handal dan terpercaya. Karena sejatinya saya dan kita semua para Traveller adalah para pejalan. Para penempuh jalan menuju kebenaran yang Hakiki.

Ticket dot com adalah salah satu applikasi support system untuk membantu perjalanan anda. Istilahnya berakomodasi menjadi semakin mudah. Tiket dot com juga lah yang membantu saya mengurus akomodasi. Saya tidak akan bicara banyak tentang tiket dot com.

Dan bukan tidak mungkin kita akan menemukan hal hal unik dan menarik selama perjalanan. Dalam sebuah perjalanan ketika kita sudah memulai menikmati akan sulit untuk berhenti. Rasa nya ingin lagi dan lagi bereksplorasi ke tempat tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Bertemu dengan orang orang baru. Dan menjadi orang yang baru. Semacam addicted. Yah betul! Ketagihan.

Untuk itu saya sangat sepakat dengan perkataan tentang The Journal of Traveller yang kerap disebut sebagai Mujahid (Pembaharu) yaitu :
I am a Traveller seeking the truth, a human searching for the meaning of humanity and a citizen seeking dignity, freedom, stability and welfare under the shade of Princip.

Perjalanan pada hakikat nya harus memiliki Nilai or value. Entah nilai yang bersifat transenden ataupun idealis, sehingga ia tak sebatas menikmati sebuah pelesiran. Perjalan yang tak memiliki nilai sama artinya dengan menafikan keberadaan manusia sebagai manusia yang memiliki sifat ingin tau (Curious).

Sebenarnya saya paham, bahwa sering kali warga Indonesia di luar negri jauh lebih cepat mendapatkan informasi tentang Indonesia dari pada Warga Indonesia didalam negri. Karena Teknologi Internet dan online news yang mereka santap setiap hari membuat mereka lebih cepat meng up to date sebuah berita.

Dalam tahun ini saya dan keluarga berencana untuk traveling ke Bromo & Bali. Biasa nya untuk pembelian tiket pesawat kami menggunakan travel agent. Prinsip nya memang lebih enak hunting sendiri tiket pesawat melalui booking ticket online.
Kalau kalian pernah berwisata ke Gunung Bromo atau Semeru, lokasi puncak B29 ini berdekatan dengan kedua gunung tersebut. Biasa dikenal dengan sebutan negeri di atas awan karena keindahannya kalian bisa melihat hamparan awan putih, sunset dan sunrise yang tak kalah bagus dari pemandangan gunung Bromo. Nama B29 sendiri diambil dari kegiatan nya yang mencapai 2900 mdpl atau orang orang menyebut puncak songolikur (dua puluh Sembilan). Ada juga versi yang menyebutkan bahwa B berarti bukit dan 29 merupakan nomor urutannya untuk sampai kesana. Kalian Cuma harus mempersiapkan uang sebanyak 3000 perak saja murah kan Guys.

Traveling sudah menjadi kebutuhan wajib bagi orang orang jaman Now. Tingkat kepenatan aktifitas sehari hari selalu menjadi alasan untuk mencari tempat wisata yang bisa me – refresh otak. Apalagi Indonesia termasuk Negara yang memiliki beragam destinasi wisata mulai dari pantai, pegunungan, taman nasional tempat bersejarah hingga theme Park semua ada tinggal kalian memilih mau liburan dimana dan harus menyesuaikan dengan budget yang di miliki.

Untuk yang berdompet tebal mungkin tak terlalu dipusingkan dengan persoalan biaya, lain hal nya jika duit pas pasan. Pasti akan berfikir bagaimana cara nya bisa Traveling tanpa bikin kantong jebol. Ini lah tempat wisata di jawa Timur dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya dan keluarga kecil saya.
Live Life to the Fullest with Love. apa sih Maksudnya?!
Fulfillment adalah tujuan karir selain Happiness. Secara harfiah Fulfillment dapat diartikan sebagai kepuasan, ketercapaian, kelegaan atau kelengkapan dalam berkarta.
Sebagai masyarakat termasuk kalangan dunia pengusaha optimis bahwa perekonomian dunia tahun ini mulai pulih. Namun banyak pula yang masih pesimis. Beberapa kali saya menjumpai professional yang memperkenalkan diri dengan menyebut terlebih dahulu nama Perusahaan atau jabatan sebelum menyebutkan nama sendiri. Di sisi lain ada juga yang enggan memperkenalkan diri karena merasa malas belum punya pekerjaan atau jabatan yang bisa di banggakan dan ini sungguh menyedihkan.
Jabatan, pangkat, tempat kerja, uang, fasilitas kantor adalah pelengkap pekerjaan. Bahkan bukan pekerjaan itu sendiri, apalagi karier. Apapun kondisi kita saat ini yang patut kita syukuri adalah nikmat kesehatan, nikmat Iman dan kenikmatan menikmati usia dihidup itu sendiri secara maksimal dengan orang orang yang anda sayangi.
Seringkali kita merasa pekerjaan kita ya Karir kita. Semua yang anda lihat dan ada di kantor adalah bagian dari pekerjaan alias JOB!


Seluruh peralatan diatas meja, prosedur, mekanisme dan tugas adalah bagian dari itu termasuk di dalam nya rekan kerja dan bawahan kita. Bahkan termasuk juga kartu nama kita. Singkat nya pekerjaan sekedar alat atau kendaraan yang bisa membawa kita ke satu tempat yang kita kehendaki.
Tapi percayalah diantara upaya upaya tersebut yang paling berat adalah menyatukan persepsi dan menyelaraskan langkah kerja dalam 1 team work.

 

Menurut opini saya pribadi. Seseorang bisa dikatakan sukses ketika sudah di usia 50 Tahun. Sudah selesai Memberhasilkan anak. Bebas dari cicilan apapun dan sudah mengunjungi beberapa tempat didunia. Tentunya berinvestasi dalam bentuk property atau emas selayaknya penting juga untuk tabungan di masa depan. Saya dan suami memegang teguh prinsip dan komitment dalam Berkeluarga ini bahwa sebanyak apapun investasi kita. Setinggi apapun pangkat. Jabatan dan derajat kita. Seluas apapun rumah kita & sehebat apapun kita didunia ini. Kita tetap harus harus dan harus HIDUP SEDERHANA. Mengajarkan Prinsip Hidup Sederhana pada anak anak.

 

Artinya ketika seseorang dengan berani mengeluarkan anggaran pribadi untuk sebuah perjalanan. Maka dia sudah memperhitungkan segala macam biaya biaya pokok nya untuk dipenuhi. Ketika saya traveling sudah tidak mau pusing untuk urusan wajib atau pokok yang masih harus dibayar. Jangan sampai traveling meninggalkan jejak hutang yang banyak sehingga anda harus menjual sebagian asset anda.

 

 

 

 


Ini adalah edukasi bagi perempuan bekerja. Selain memiliki mind set productive memberikan kontribusi juga harus terdapat ruang untuk meningkatkan proporsi perempuan ditempat bekerja, misalnya dengan menyediakan tempat penitipan anak yang terjangkau dan mendorong akses perempuan pada keuangan. Baik keuangan pribadi nya maupun keuangan keluarga nya.

 

Prinsip nya Perempuan adalah seorang Manager keuangan bagi dirinya dan Keluarga nya. Perempuan adalah Model bagi anak anak nya dan tonggak keberhasilan Keluarga. Terdapat sisi Ajaib dalam diri perempuan untuk melakukan banyak hal dalam beberapa waktu Read: Multitasking.

 

Di Indonesia partisipasi perempuan dalam beberapa decade terakhir melalui kebijakan ekonomi yang baik serta memanfaatkan kepandaian dan keragaman masyarakat yang luar biasa.
Saya berharap dapat merasakan dinamika dan keindahan Indonesia secara langsung, ini mencakup keberhasilan mereka bukanlah suatu kebetulan, ini terjadi berkat penerapan kerangka kebijakan yang kuat.
Fulfillment tidak ada hubungan nya dengan uang, orang yang semata mata mengejar uang dalam pekerjaan seringkali adalah pribadi yang berpikiran pendek, transaksional dan tidak menyenangkan. Seek out what you really really really want to do because it is what you want to do with your life.

 

Happy Life is Happy Traveling!

Salam
Opi Rahmita
www.opirahmita.com

28 thoughts on “Tentang Perjalanan & Pekerjaan Perempuan”

  1. Waktu kecil saya suka nonton sinetron Thailand di tivi jadi hapal dah lokasi wisatanya, dan pingin banget ke sana 😍. Sampai bikin list mau wisata ke Negeri Gajah Putih itu. Semoga kesampaian dah.

    • Aaaamiiiiin. Semoga tercapai mimpi dan harapan mu yah mbak. Tulis saja semua mimpi mu. Bawa dalam doa perbanyak ikhtiar dan biarkan Tuhan yang bekerja. Good luck! 😍😍😍

    • Alhamdulilah Mbak Leyla. Yakinlah bahwa segala hal yang terjadi dalam hidup ini adalah kehendak dan kekuasaan Tuhan. Saya sebagai manusia biasa hanya menjalani apa yang Tuhan kehendaki. Dengan segala kerendahan hati. Terima kasih banyak sudah bersedia berkunjung dan berkomentar. Good luck to you 😗

  2. Keren loh mba dirimu bisa mengunjungi beberapa negara di luar terutama Thailand. Hehe aku pengen banget jalan-jalan mengitari negara itu karena budaya mereka masih kental juga terutama kekayaan alamnya juga masih asri banget.

    • Alhamdulilah. Yakinlah apapun yang terjadi dalam hidup kita semua atas kehendak Tuhan YME. Bawa cita cita mu dalam Doa. Berusaha sekuat tenaga. Untuk hasilnya Biarkan Tuhan yang bekerja.

  3. mau bangettt … pengen … kangenn.. sama travelling yang jauh-jauh begitu.. selama 3tahun terakhir paling jauh ke malang itu pun setahun sekali .. semoga cepat bisa meluncur-meluncur lagi kayak mbak yaa 😀

  4. Wah mbak opi kapan lagi bekerja sambil travelling istilahnya sambil menyelam minum air, hehe semoga aku bisa kesampaian travelling sampai ke luar negeri seperti mbak ovi yaa… Aamiin

  5. Aduuuh Mbak senengnya jadi dirimu, bisa bekerja sambil jalan-jalan. Itu impianku waktu muda (sampai sekarang juga ding! 😁). Aku dulu kuliah di pariwisata dengan harapan bisa bekerja di bidang ini. Ternyata nasib membawa ke arah lain..eh, jadi curcol wkwk..

  6. Travelling emang bikin bahagia hilangin stress. Wah emang traveller sejati ya mba, udah byk tempat tang dikunjungin. Semoga kota2 yg sudah masuk wishlist bisa cepat tercapai yaa Aamiin

  7. Pengen banget usia 50 tahun udah bisa ongkang2 kaki, anak berhasil semua, bisa lanjutin traveling yg tertunda. eh tapi pengennya naik haji saat masih muda kyk sekarang mbak hehe.
    Btw saya jg kalau beli2 tiket via tiket.com 😀

  8. Aku iriiii. Selalu iri sama yang berhasil jalan jalan keluar negeri terutama yang deket deket dan lagi berkembang. Biar ada bahan untuk membandingkan sama negara kita. Kita perlu ngebandingin supaya bisa bersyukur tetapi tetap kritis sama perkembangan negara sendiri. Di thailand katanya kayak di Indonesia ya mbak, pluralisme nya masih terjaga

  9. duh ini, bisa jadi pecutan semangat buat aku nih.. biar lebih sukses lagi dikehidupan yang akan datang! terlebih soal traveling.. hahaha so sad, aku sama skali belum pernah yang namanya keluar negri.. jago kandang! travelingnya masih seputar Indonesia hehehe

  10. Seru sekali menyimak cerita perjalanannya mba.
    Duh kapan ya saya bisa sebebas mba. Bereksplorasi kesana sini. Suasana baru. Teman baru.
    Hitung2 mengurai kejenuhan

  11. wah ternyata menikah gak menghalanginhasrat traveking asal kita menikah dengan org yg tepat ya mbak. Penting bgt untuk mmenuhi keb pokok dan investasi masa depan baru jalan2

  12. Bener banget mba. Travelling itu perlu tp jgn sampe jd beban
    Apalagi ga punya apa apa sedangkan anak msh butuh biaya
    Saya msh slow trip dengan bajet yg ga nguras tabungan.
    Yg penting dana tuk anak ada tersendiri

  13. Bener banget. Travelling jgn jd beban. Apalagi sampe mengabaikan kewajiban pd anak.
    Sy msh slow travel dgn bajet yg ga nguras tabungan dan ga ganggu tabungan tuk anak

  14. Setuju mba klo kita harus banyak travelling supaya tetap waras. Apalagi sebagai ibu yang pikiran sering kali bercabang. Karena ibu yang happy, anak-anak dan suami juga pasti happy.

    • Bagaimana pun kondisi kita sebagai Ibu. Usahakan akan selalu sehat dan waras. Tidak ada anak yang mau dibesarkan dengan Ibu yang tidak waras. Meskipun misalnya belum sempat traveling. Fikiran dan jiwa seorang Ibu harus tetap waras. Sehat dan bahagia. Karena Ibu adalah Tonggak Keberhasilan Keluarga. Semoga anda sehat dan waras selalu ya Bu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *