Antara Sun Chlorella dengan Mengabadikan Karya Melalui Buku

Jakarta, 16 Desember 2018. Saya sangat bersyukur dapat menghadiri event Blogger Gathering bersama komunitas Indonesian Social Blogpreneur dan PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) berlokasi di Burger King Plaza Festival Jakarta bertema “Abadikan Karya Melalui Buku” dengan pembicara sebagai berikut :

1. Mbak Asti – Product Manager PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI)
2. Mbak Nunik Utami Ambarsari – Penulis Buku (Blogger)
3. Niko Riansyah – SEO Expertise

Event ini di prakarsai oleh Ibu Ani Berta selaku founder Komunitas ISB Indonesian Social Blogpreneur.

Mas Gusti sebagai MC dari CNI membuka acara dengan memberikan motivasi kepada teman teman Blogger yang hadir untuk selalu semangat menulis dan berupaya untuk menciptakan hasil karya berupa karya yang abadi dalam bentuk sebuah buku.

Saya ingin berbagi tentang materi yang disampaikan oleh Mbak Asti (Produk Manager CNI) tentang manfaat Sun Chlorella. Produk bermutu ini merupakan best seller dari CNI yang memiliki struktur dan Komposisi sebagai berikut :
a. General Composition (grams or kcal) Moisture 5.9, crude fat 12.4, Crude proteins 58.8, Carbohydrates 6.2, Crude Fiber 10.6, Crude ash 6.1, Kcal 372
b. Protein untuk regenerasi sell : Sun Chlorella (60.5%) Susu Skim Kering (36%) kacang Kedelai (35%) Kacang Hijau (22%) Daging Sapi (19%) Ikan Segar (17%) Telur Ayam (13%) Jagung (9,2%) Beras (6,8%) Tepung Singkong (1,1%)
c. Beta Karoten sebagai antioksidan dan precursor untuk pembentukan vitamin A dalam tubuh.

Mbak Asti Menjelaskan Manfaat Sun Chlorella

Sun Chlorella merupakan multivitamin yang sangat baik yang dibutuhkan oleh tubuh, memiliki dinding sel yang sangat kokoh sehingga mengakibatkan makanan bergizi tinggi ini menjadi lebih mudah dicerna. Tersusun oleh selulosa, hemiselulosa, lignin senyawa tersebut terutama lignin sukar dicerna oleh getah lambung manusia, sehingga daya cerna tubuh manusia terhadap Chlorella hanya 12%.

Agar kandungan nya dapat diserap secara optimal maka dinding sel Chlorella ini harus dipecahkan terlebih dahulu. Dengan system pemanasan hanya meningkat 26.6% namun pada akhirnya ditemukan system penghancur dinding sel Chlorella sehingga dapat dicerna oleh tubuh sampai 80%.

10 Alasan Mengkonsumsi Sun Chlorella :
1. Mengandung nutrisi yang sangat lengkap yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh
2. Kandungan anti oksidan yang tinggi untuk mencegah penyakit
3. Memiliki kandungan manfaat dan kebaikan sayur sayuran
4. Mengandung protein dan asam nukleat yang merangsang peremajaan sel
5. Kandungan klorofil nya yang tinggi
6. Membantu pembuangan racun kimia dan logam berat (Detoksifikasi)
7. Memiliki efek anti radang
8. Merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan/ Probiotik
9. Meningkatkan system kekebalan tubuh/ imunitas
10. Membantu penyembuhan luka

Di event ini Bagi 10 peserta yang hadir tepat waktu, diberikan fasilitas Free Checking HB (Hemoglobin) dan alhamdulilah saya termasuk salah satu nya. Setelah di check ternyata saya termasuk dibawah batas normal dan masuk kategori berpotensi Anemia. Apa itu Anemia? Menurut Wikipedia Anemia dalam bahasa Yunani anaimia itu adalah keadaan tubuh kekurangan (Hemoglobin) jumlah sel darah merah. Apa itu Hemoglobin? Hemoglobin adalah protein pembawa oksigen. Sel darah merah mengandung Hemoglobin yang memungkin mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh oleh paru paru dan kemudian mengantarkan keseluruh bagian tubuh.

Anemia merupakan penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasar nya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah. Untuk itu bagi penderita Anemia disarankan untuk mengkonsumsi Sun Chlorella.

 

Mas Nico Menjelaskan tentang Merubah Template pada Blogspot

Materi selanjutnya saya pun ingin berbagi informasi tentang bagaimana mengatur template agar blog terlihat menarik dan friendly user sehingga blog mendapatkan halaman pertama pada mesin pencarian google. Yang biasa kita kenal dengan SEO (Search Engine Optimisation).

Apa itu SEO? SEO adalah merupakan strategi marketing online paling awet yang ada di jagat maya, tatkala bisnis online yang lain tumbang, jenuh atau berubah cepat seiring perjalanan waktu, SEO yang sudah dilakukan sejak lama dan masih tetap bertahan hingga sekarang. Sebuah strategi dan metodologi supaya konten yang terdapat di website milik kita dapat muncul pada bagian atas untuk kata kunci yang di inginkan.

Template itu sendiri sudah tersedia di blogspot juga bisa didapat dari themexpose.com disini kita dapat memilih template secara free atau gratis. Sebagai bahan percobaan Mas Nico menjelaskan blogspot yang dikelolanya yaitu blogspreneur.com dari blog tersebut digunakan berawal dari mengunduh template yang diinginkan dari themexpose.com kemudian hasil yang diunduh tadi dibuka dengan menggunakan applikasi notepad. Kemudian berlanjut ke copy kode html dan di salin halaman html blog yang ingin di ubah design template tampilannya.

Serta jangan lupa untuk memperhatikan, mensetting meta tag dan meta description pada halaman blogspot nya. Karena hal tersebut dapat berpengaruh pada SEO. Mas Nico juga menjelaskan bahwa meta tag dan meta description harus nya terdapat 154 kata sementara meta keyword nya 6 – 8 agar terdeteksi oleh mesin pencari Goolge.

Mengapa Google?
Didirikan secara resmi pada tanggal 4 September 1998 di Melon Park California oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google adalah mesin pencari dan perusahaan internet yang merubah cara orang hamper seluruh belahan dunia dalam menggunakan internet. Tak terbayangkan bagaimana jika saat ini kitaa harus hidup tanpa google?!
Kunci sukses Google berada pada technology mutakhir untuk menampilkan hasil pencarian berkualitas tinggi dan super cepat yang selalu diperbaharui juga strategy periklanan yang relevan yang sangat bersahabat dengan pengguna.
Selain bicara tentang template, Mas Nico juga menjelaskan agar dibuatkan subdomain jika blog yang dikelola memiliki banyak tema. Hal ini dimaksudkan agar mesin pencari meutilize sebagai satu kesatuan dalam 1 website. Saya yakin ketika sudah menjalankan SEO secara serius anda akan memiliki banyak sekali website, beberapa dibuat untuk menjadi calon pengganti website lama yang mulai jenuh dalam niche yang sama beberapa dibuat sebagai bayangan untuk website yang sudah menuai hasil tersebut tidak terputus.

Selain itu dengan memberikan link antar website kita sendiri dapat menjadi cara yang dapat ditempuh dengan mudah dan murah. Selain relevan backlinks juga harus datang dari website terpercaya bukan yang mencurigakan seperti spamming website atau dummy blog yang tidak karuan. High authority website adalah yang terbaik diikuti dengan website website berdomain TLD yang punya parameter bagus untuk indexing, content, alexa rank, traffic, domain authority dan lain sebagainya.
Materi selanjutnya yang saya akan bagikan yaitu tentang Abadikan Karya melalui Buku. Pada materi ini ada Mbak Nunik yang akan sharing tentang pengalamannya menulis buku, bekerja sama penerbit Major dan lain sebagainya. Tema nya menarik sekali buat saya pribadi. Sebagai blogger menulis article di website sendiri, membuat content engagement di account social media menjadi tantangan keunikan tersendiri bagi saya.

 

Banyak Penulis yang sebelumnya adalah orang biasa kini menjadi terkenal melalui karya karya nya seperti Tere Liye, Pramudya Ananta Toer. Jujur saja saya tidak serta merta ingin menjadi terkenal. Namun ketika hasil karya kita dapat dinikmati banyak orang. Kemudian diambil ilmu serta manfaatnya akan menjadi ladang pahala kebaikan buat saya dan keluarga. Bukankan ilmu itu harus di bagikan seluas luasnya bahkan sebesar biji jagung?!

Mbak Nunik sharing Session Tips Membuat Buku

Oke. Mari kita mulai. Mbak Nunik panggilan sederhananya menyukai dunia menulis sejak kecil. Kemudian merambah kedunia blogging pada tahun 2005. Menurut cerita dan pengalamannya banyak penulis yang kesulitan menemukan penerbit dan begitu pun sebaliknya. Banyak juga penerbit yang kesulitas menemukan penulis yang berkualitas. Jadi seperti jodoh – jodohan yah?!
Berikuti ini Mbak Nunik sharing beberapa tips untuk dalam membuat buku :

1. Beranikan diri untuk ikut lomba menulis
2. Rajin membaca buku karena dengan membaca ilmu pengetahuan kita menjadi luas
3. Rajin mengunjungi Pameran Buku
4. Memperluas Networking seperti bergabung dengan komunitas penulis, komunitas editor dan komunitas pencinta buku.
5. Perbanyaklah menulis.

Dari lima tips diatas mungkin bisa saja terlihat mudah, namun pada kenyataan nya banyak juga kendala kendala yang dihadapi dan membutuhkan waktu untuk berproses. Ada juga pengalaman ditolak oleh penerbit, namun kita tidak boleh berkecil hati. Dan tetap harus melanjutkan perjuangan.

Semestinya ada cara lain untuk menerbitkan buku indi dengan cara kita sendiri dan dengan modal kita sendiri tentunya. Usaha yang perlu di maksimalkan yaitu kita harus rajin rajin promosi dengan cara bedah buku. Open talk show. Sharing session dan lain sebagainya agar buku kita dikenal masyarakat dan disukai oleh pembaca.

Buat para pembaca budiman, article dan tulisan apa saja yang sudah dibuat? Apakah sudah bekerja sama dengan penerbit Mayor atau indi? Dibutuhkan semangat juang tingkat tinggi dan konsistensi dalam menciptakan sebuah karya.

Foto Bersama Komunitas ISB Jakarta 16 Desember 2018

Secara umum perbedaan penerbit major dengan indie adalah tulisan diterima oleh penerbit major kemudian di edit untuk diterbitkan menjadi sebuah naskah buku. Design dan cover buku di atur oleh penerbit. Bahkan untuk promo juga disupport oleh penerbit. Sementara penerbit indi mulai dari penulisan hingga promosi dilakukan sendiri. Saran dari Mbak Nunik untuk memilih penerbit usahakan karya buku nya yang memang karya nya sedang kekinian atau menjadi trend sehingga bisa diterima oleh masyarakat, pembaca dan buku nya laris terjual.

Di akhir event Nama saya disebut sebagai Best Post featured on Instagram. Alhamdulilah suatu bentuk Kesyukuran.

Best Posting Featured on Instagram. (FOTO ISB)

Demikian ulasan saya. Semoga tulisan saya dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dalam memberikan informasi.

Salam Sayang.
Opi Rahmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *