ASI DARI DUA SISI PENTINGNYA PERAN AYAH DALAM MENGASIHI

Jakarta, 16 November 2019. Menghadiri Event Asi dari dua Sisi bersama PRENAGEN berlokasi di Kopi 89 Kemang Jakarta Selatan, Sebuah event yang diprakarsai oleh PRENAGEN salah satu product kebanggan Kalbe Family dan Hello Sehat dengan tujuan mempromosikan kegiatan positif bagi Ibu Hamil dan Menyusui juga untuk Product Launching Susu PRENAGEN dalam bentuk UHT dengan rasa Almond Barley Soya serta mengajarkan para Ayah ASI untuk menjadi support system dan mendukung serta memahami bagaimana cara Pijat Oksitoksin.

Jakarta, 16 November 2019. Menghadiri Event Asi dari dua Sisi bersama PRENAGEN berlokasi di Kopi 89 Kemang Jakarta Selatan

Kalbe Family merupakan situs E – Commerce yang memberikan kemudahan dalam berbelanja produk – produk bernutrisi, perlengkapan Ibu dan anak – anak serta family Gift.

Kalbe Family memiliki program initiated untuk memuaskan customer antara lain yaitu :

  1. Product point collection yaitu Customer dengan mudah berbelanja produk Kalbe dan mengumpulkan point yang dapat ditukarkan dengan beragam hadiah
  2. Kalbe Family Gift yaitu memberikan hadiah menarik seperti Voucher, Juicer, Jam tangan dan Hand Phone, Fams bisa mendaftarkan menjadi member KALBE Family dengan menambah point KALBE dan menukar point KALBE secara lebih mudah di KALCARE
  3. Kalbe family Spot – Fams dapat mengunjungi merchant – merchant yang bekerja sama dengan KALBE seperti Prodia, ACE Hardware, Informa dan Toys Kingdom

Bagaimana cara mendaftar menjadi member? Cukup download aplikasi Kalbe di Play Store kemudian sign up atau anda juga bisa menscan barcode dan setelah itu anda akan mendapatkan beragam keuntungan menarik seperti berbelanja produk PRENAGEN senilai Rp. 250.000 anda akan mendapatkan Voucher senilai Rp. 100.000 + download Aplikasi KALBE Family – sign up menjadi member + anda akan mendapatkan tambahan voucher senilai Rp. 25.000

Hello Sehat merupakan media publisher (platform) kesehatan yang memiliki beragam article yang sangat lengkap terkait kesehatan hadir di Indonesia untuk menginspirasi dan membantu anda hidup menjadi lebih sehat dan bahagia. Melalui beragam article kesehatan yang disajikan oleh Hello Sehat langsung dari ahli medis dan Dokter yang terpercaya.

Sharing session bersama Ibu Febie Arimbhie seorang Mom Influencer tentang ASI Exclusive selama 2 tahun bercerita tentang pengalamannya menyusui anak pertama dan anak kedua. Faktor yang paling penting adalah Afirmasi Positive – mind set dan perasaan yang positive juga support dari keluarga terdekat terutama Suami is the key.

Sharing session bersama Ibu Febie Arimbhie seorang Mom Influencer tentang ASI Exclusive – Opi Rahmita

Perlu diketahui bahwa kesuksesan proses menyusui tidak hanya bergantung pada Ibu, juga peran serta Ayah ASI sangat dibutuhkan. Proses menyusui harus didukung oleh pasangan bahwa Ayah dan Ibu harus saling bekerja sama sebagai satu tim.

Setelah mengetahui manfaat dari pemberian dukungan ASI, lantas bagaimana para ayah memulainya? Anda tak perlu panik atau canggung saat mendampingi istri dalam memberikan ASI. Mulai dan lakukan hal berikut ini.

1. Bantu ibu lebih rileks

Saat pemberian ASI tiba, ayah bisa membantu istri lebih rileks. Berikan bantal pada kepala atau lengan istri, sehingga posisi menyusui lebih mudah dan nyaman.

Anda juga bisa menyetel musik lembut, sehingga ibu juga menikmati proses pemberian ASI. Duduklah di sampingnya sambil berbincang topik yang menyenangkan.

2. Ingatkan ibu untuk mengonsumsi nutrisi seimbang

Selama masa menyusui, ibu butuh nutrisi tambahan untuk menjaga staminanya dan juga mendukung kualitas produksi ASI. Stamina ibu tak hanya penting untuk produksi ASI, tetapi juga mendukung kegiatan barunya dalam menjaga si kecil.

Anda bisa mengingatkan ibu untuk mengonsumsi asupan nutrisi yang seimbang kandungan nutrisi makro dan mikro. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D.

3. Tetap lembut dan suportif

Terus dampingi ibu saat memberikan ASI. Bila ini pertama kali ibu memberikan ASI, ayah perlu tetaplah bersabar dalam mendampinginya. Terkadang pada tahap awal menyusui butuh banyak penyesuaian hingga akhirnya ibu merasa nyaman.

Bagaimanapun berikan ia kepercayaan diri dan tetap menjadi ayah yang suportif. Misalnya dengan mengatakan bahwa Anda mempercayai partner bisa memberikan ASI yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

4. Selalu siap sedia

Saat bayi baru lahir, ibu membutuhkan dukungan moral dalam memberikan ASI. Meskipun pemberian ASI terjadi secara alamiah, tetapi dukungan ayah tetap selalu dibutuhkan.

Jangan lupa selalu siap sedia untuk istri Anda. Persiapan menjadi ibu menyusui membutuhkan dua pihak yang bekerjasama. Alangkah lebih baik, bila Anda memberikan bantuan yang meringankan pekerjaan istri.

Misalnya, membantu pekerjaan domestik istri ketika ia sedang mengurus si kecil. Turut ada di sebelahnya ketika proses menyusui berlangsung. Di sinilah peran ayah sangat penting dalam meringankan dan memberikan semangat kepada ibu menyusui.

5. Menyentuh bayi saat menyusui

Menyusui melibatkan kontak fisik yang membentuk hubungan antara ibu, bayi, dan ayah. Oleh karenanya, ayah perlu memberi elusan lembut pada bayi saat proses menyusui.

Ketika ada proses kontak fisik, akan terjadi proses pelepasan hormon oksitosin. Hormon oksitosin membantu ikatan terjalin lebih dekat. Oleh karena itu, ayah bisa melakukan kontak fisik secara sering saat ibu memberikan ASI.

Hal sederhana tersebut bisa ayah terapkan sambil mendampingi ibu memberikan ASI, sehingga ikatan bersama si kecil terbangun lebih erat.

Sangat disarankan bahwa Ayah harus selalu mendampingi Ibu ketika sedang menyusui sejak awal kehamilan. Ibu dan bayi pun masih dalam proses adaptasi dengan aktifitas baru, hal ini kadang membuat Ibu merasa stress disini kehadiran peran AYAH ASI sangat dibutuhkan untuk Ibu merasa nyaman seperti menyediakan makanan dan minuman sehat seperti PRENAGEN UHT favorit Ibu atau menyediakan bantal menyusui atau bisa juga dengan memijat punggung Ibu atau bisa disebut dengan Pijat Oksitosin.

Tentang Bagaimana cara Pijat Oksitosin yang dijelaskan oleh Bidan Israna Atikah yang dapat merangsang payudara untuk berkontraksi, sehingga ASI dapat dilepaskan dengan lancar selain itu, pijatan juga dapat mengurangi pengeluaran hormone kortisol (hormon yang dikeluarkan saat tubuh sedang stress) sehingga pengeluaran hormone prolactin dan oksitosin tidak terganggu.

Bagaimana cara Pijat Oksitosin yang dijelaskan oleh Bidan Israna Atikah – Opi Rahmita

Apa saja manfaat Pijat Oktitosin bagi Ibu Menyusui? Pijat merupakan terapi kesehatan yang telah umum dan banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk berbagai manfaat. Mulai dari mengatasi pegal pegal, mengusir rasa lelah hingga membantu melancarkan ASI (Air Susu Ibu) khusus untuk pijat oksitosin pijatan yang dilakukan dengan tehnik Pijat Oksitosin (Pijat tulang punggung belakang) sebagai salah satu bentuk usaha agar melancarkan ASI.  Pijat ini sangat bedampak baik bagi Ibu karena Ibu dapat merasakan effect relaxasi, meningkatkan hormone oksitosin dan prolactin serta dapat melancarkan aliran darah membuat Ibu merasa tidur dengan nyenyak.

Pijat ini bisa juga dilakukan oleh para Ayah karena peranan Ayah ASI sangat penting untuk mendukung Ibu dalam mengAsihi buah hatinya.

Asi merupakan hal yang penting bagi buah hati, apalagi ketika bayi masih berumur dibawah 6 bulan. Asi memberikan banyak manfaat saat masih kecil namun juga untuk masa depannya kelak. Jangan panic dan cemas ya Ibu jika Asi keluar sedikit. Namun Ibu tetap dapat memberikan Asi dengan cara melakukan pijat Oksitosin.

Menyusui merupakan perjuangan dan pengalaman seorang Ibu yang sangat tak terlupakan dan membahagiakan. Sebelum menyusui pastikan Ibu memahami tentang bagaimana merawat Payudara (Breast Care) Rangkaian nya antara lain sebagai berikut :

  1. Pahami bahwa Ibu harus menjaga kebersihan Payudara
  2. Ibu juga harus menstimulasi dengan melenturkan dan menguatkan putting susu
  3. Mengeluarkan Putting susu yang tenggelam
  4. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi bertujuan untuk memperbanyak Produksi ASI

Ketika menyusui baby masih sangat sensitive, sehingga kita perlu merawat dan menjaga kebersihan Payudara. Untuk itu berikut ini adalah rangkaian perawatan Payudara antara lain sebagai berikut :

  1. Melakukan Pijat Payudara agar aliran darah menjadi lancar sehingga dapat mengeluarkan ASI yang banyak
  2. Melakukan Pijat Oksitosin – Melakukan Pijat punggung
  3. Cold and heat therapy – melakukann kompres air hangat dan air dingin secara bergantian masing – masing selama 2 – 3 menit.

Dalam sharing session Ibu Febie, saya pun mengajukan pertanyaan bagaimana time management dalam mengurus keluarga peranan Ibu dan Ayah dalam mengurus Anak Pertama dan Anak kedua? Yang paling dibutuhkan seorang Ibu adalah nutrisi yang baik agar selama menyusui memiliki Asi yang berkualitas baik, juga peran serta Ayah dalam membantu mengurus Baby seperti berjemur, mengajak bermain serta membantu menyuapi si kecil.

Rangkaian Susu PRENAGEN merupakan Nutrisi yang baik dan lengkap bagi Ibu Hamil dan Menyusui karena kini sudah tersedia kemasan yang sangat praktis dalam bentuk UHT dengan rasa yang tidak bikin Eneg, melalui beragam variant yang terdapat pada susu PRENAGEN world mulai dari persiapan susu kehamilan, Susu Ibu Hamil hingga Susu menyusui.

Rangkaian SUSU PRENAGEN – OPI RAHMITA

Dan PRENAGEN hadir dalam bentuk UHT dengan rasa yang sangat lezat yaitu rasa Almond Barley Soya, kandungan gizi dan multi vitamin serta Asam Folat yang super lengkap, Low Lactose yang rendah lemak dan sangat praktis untuk dikonsumsi dan sangat nikmat bisa diminum dalam keadaan dingin sangat baik untuk memenuhi kebutuhan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui dalam MengAsihi si kecil.

Rangkaian SUSU PRENAGEN – OPI RAHMITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *