Hari Belanja Online Nasional Momen Terbaik Belanja Murah

HARBOLNAS adalah kegiatan yang diinisiasi oleh mereka yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) seperti Blibli.com. Acara yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh berbagai e-commerce di Indonesia ini diadakan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, dikarenakan keberhasilan pada tahun pertamanya maka saat ini HARBOLNAS diselenggarakan setiap tahun yaitu pada tanggal 12 Desember. Acara ini didukung oleh beberapa mitra seperti industri telekomunikasi, perbankan,  logistik, dan juga berbagai media.

HARBOLNAS ini telah sukses dan mencapai tahun ke enamnya  yang mana semakin tahun semakin sukses, selalu mengalami peningkatan  terbukti dengan semakin banyanyak e-commerce yang ikut bergabung pada acara tersebut yang mana sampai tahun ini tercatat kurang lebih sebanyak 250 e-commerce yang telah ikut berpartisipasi pada acara yang sangat fenomenal dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat ini.  

Saat awal berdiri hanya sekitar 10 e-commerce yang ikut memeriahkan dengan event yang masih sangat sederhana, dengan diskon yang tidak sebesar sekarang, tetapi saat kali pertama diadakan dulu peminatnya sudah mencapai ribuan dan bahkan banyak yang tidak mendapatkan barang yang diinginkan. Setiap tahun event di HARBOLNAS selalu mengalami peningkatan contohnya pada tahun ini ada event baru di HARBOLNAS yaitu akan diadakan event khusus produk-produk lokal Indonesia. Jadi pada HARBOLNAS  tahun ini akan diberikan 1 hari khusus untuk memberikan promo menarik pada produk-produk lokal Indonesia dan UMKMI yang terdiri dari berbagai produk mulai dari produk perlengkapan rumah tangga, fashion, elektronik, makanan, bahkan promo untuk travelling keliling Indonesia pun diberikan pada HARBOLNAS tahun ini.

Sejarah awal diselenggarakannya HARBOLNAS ini adalah mengadopsi dari negara maju seperti Kanada, di negara maju seperti Kanada pada tiap tahun akan diadakan acara belanja online besar-besar yang biasa disebut “cyber monday”. Acara yang diselenggarakan setiap selesari diadakannya acara tasyakuran panen raya akhir tahun atau yang mereka sebut dengan nama thankgiving day. Dengan acara cyber monday ini pelanggan online dan masyarakat Kanada keseluruhan akan mendapatkan diskon besar-besaran pada semua produk-produk mulai dari produk fashion, makanan, teknologi, tiket, hotel, dan lain-lain dengan pemberlian secara online. Dari data yang didapat cyber monday ini telah mampu meningkatkan neraca perdagangan Kanada setiap tahunnya dari neraca perdagangan yang mulanya rugi atau hitam menjadi untung. Dan di Indonesia sejak tahun 2012 telah diselenggarakan hari belanja online nasional atau HARBOLNAS adalah suatu bentuk adopsi dari acara di negara Kanada tersebut.

HARBOLNAS  di Indonesia ini diselanggarakan dengan banyak tujuan yang terutama untuk memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat mengenai teknologi terbaru yang akan memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari yaitu teknologi kemudahan berbelanja, agar masyarakat semakin melek akan teknologi belanja online yang mana masyarakat Indonesia kini telah banyak yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan kemudahan belanja secara online, masyarakat tidak perlu repot lagi dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. HARBOLNAS juga memiliki tujuan lain yaitu untuk mengapresiasi, memberikan hadiah, dan memberikan kebahagiaan kepada masyarakat akan kesetiannya selama bertahun-tahun telah mendukung kemajuan perekonomian Indonesia, te0ah mendukung berekembangnya e-commerce di Indonesia dan berbelanja dengan santun di berbagai e-commerce yang telah berdiri. HARBOLNAS ini juga sangat diharapkan mampu memajukan e-commerce dan perekonomian di Indonesai tetapi alhamdulillah hal ini telah terbukti pada awal penyelenggaraan HARBOLNAS ini telah mampu mendobrak dan mencetak rekor dan sejarah baru yaitu angka tertinggi belanja online di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *