MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT BULAN RAMADHAN

MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT BULAN RAMADHAN

 

Suatu sore yang cerah di hari Minggu pada tanggal 20 Mei 2018 saya menghadiri undangan dari Komunitas Wajah Bunda Indonesia – Talk Show yang diadakan di KopKa Coffee Margonda Depok atas kerja sama oleh :

  1. Mothers On Mission – Community Marketing Agency
  2. Sisterfillah – PlatForm Pengembangan Muslimah
  3. Claris Indonesia – Produk Rumah Tangga yang terbuat dari Plastik
  4. Nge Jamu Indonesia – Health and Beauty Natural Product

Yang membahas secara details tentang Bagaimana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada saat bulan Ramadhan yang di presentasikan oleh Drg. Atikah Sabrina Alyani yang membuka praktek di Puskesmas Caringin Kabupaten Tangerang dan di Jalan Pesantren No. 86 Rt. 003 Rw. 01 Jurangmangu Timur. Pondok Aren Tangerang Selatan.

Event_mothersOnMission_Sisterfillah

Mulut adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk dijaga sebaik baik nya. Mulut merupakan suatu rongga terbuka tempat masuk nya makanan dan air minum, Mulut terletak di bagian kepala dan pada umumnya merupakan bagian awal dari system pencernaan lengkap yang berakhir di anus.

Bagian Bagian yang terdapat dalam mulut antara lain yaitu :

  1. Gigi (Dens) merupakan bagian yang terkeras didalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas.

Fungsi utama Gigi adalah untuk menggigit, mengunyah, mencabik. Gigi terdiri dari Gigi Seri, Gigi Taring, Gigi Susu dan Gigi Geraham. Akar dari Gigi tertutup oleh Gusi. Gigi memiliki sruktur pelindung yang disebut Email Gigi yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.

Anatomi Mulut terdiri dari beberapa item item sebagai berikut :

  1. Langit langit mulut (Palatum)
  2. Tonsil (Amandel)
  3. Vestibulum Oris
  4. Uvula
  5. Lidah
  6. Gusi

 

Anatomi Mulut_Opi Rahmita

 

Bagian Bagian Mahkota Gigi atau Corona merupakan bagian yang tampak diatas gusi antara lain sebagai berikut :

  1. Lapisan email merupakan lapisan yang paling keras
  2. Tulang Gigi (Dentin) didalam nya terdapat saraf dan pembuluh darah
  3. Rongga Gigi (Pulpa) merupakan bagian antara corona dan radiks
  4. Leher Gigi atau Kolum merupakan bagian yang berada didalam gusi
  5. Akar Gigi atau Radiks merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar Gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi.
  6. Semen Gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas : Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi dan gusi merupakan tempat tumbuh gigi.
Bentuk Gigi_Opi Rahmita
  1. Lidah (Lingua) adalah kumpulan Otot Rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu percernaan makanan dengan mengunyah, menelan juga berfungsi sebagai :
  2. Indera Pengecap atau Perasa
  3. Mengaduk makanan didalam rongga mulut
  4. Membantu proses penelanan
  5. Membantu membersihkan mulut
  6. Membantu bersuara atau berbicara
  7. Ludah (Saliva) dihasilkan oleh kelenjar ludah didalam lidah terdapat enzim amylase yaitu enzim yang mengubah zat tepung menjadi zat gula.

Banyak sebagian orang yang meremehkan tentang perawatan mulut, gigi dan gusi. Bahkan ada sebagaian diantara mereka yang menderita sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit Jantung. Oh ya?! Apa Hubungan nya?!  Seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke setidak nya sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.

Ketika kita tidak merawat dan menjaga kesehatan mulut dan gigi dapat berakibat pada Sakit Gigi biasa nya merujuk kepada rasa sakit yang luar biasa pada system syaraf disekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi yang tidak baik.  Dalam banyak kasus sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak suatu akar gigi terekspos atau penyakit gusi. Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah makanan panas atau dingin.

Berikut ini adalah beberapa kelainan atau penyakit pada Rongga Mulut :

  1. Gigi Berlubang
  2. Radang Gusi
  3. Resesi Gusi & Abrasi Gigi
  4. Sariawan

Sariawan (Stomatitis) disebabkan oleh cedera trauma, Kurang Fe dan Vitamin B12 dan hormonal.

Selain sariawan masalah Gigi dan mulut juga sering terjadi yaitu Bau Mulut.

Bau Mulut (Halitosis) disebabkan oleh

  1. gigi berlubang
  2. radang gusi
  3. lidah kotor
  4. Mulut kering
  5. Gangguan saluran pencernaan
  6. Infeksi saluran pernafasan
  7. Sinusitis
  8. Diabetes dan lain sebagainya.

Sebuah ujian lisan menyeluruh yang mencakup Gigi X – Ray dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang sebagai penyebabnya. Sakit gigi juga dapat menjalar kedaerah sekitar telinga karena system syaraf seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam. Dan sinus (udara bagian bagian dari tulang pipi) misalnya sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung). Biasa nya terletak dibagian dada atau lengan. Namun pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit gigi atau rahang membutuh kan evaluasi oleh Dokter Gigi dan Dokter membutuhkan melakukan tindakan Diagnosa kepada pasien.

Drg. Atikah Sabrina Alyani. Menjelaskan tentang Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan mulut diantara nya sebagai berikut :

  1. Menyikat Gigi
  2. Menggunakan Obat Kumur
  3. Menyikat Lidah
  4. Menggunakan Benang Gigi
  5. Banyak minum air putih, makan sayur dan buah
  6. Kontrol ke Dokter Gigi setiap 6 bulan sekali

Drg. Atikah Sabrina Alyani juga Menjelaskan tentang Cara Memilih Sikat Gigi yang aman dan baik untuk merawat gigi dan gusi yaitu :

  1. Bulu Sikat yang Lembut dan Rata
  2. Gagang Sikat Lurus
  3. Ujung Kepala Sikat yang mengecil dan mengerucut
  4. Ganti Sikat Gigi maksimal 2 bulan sekali

 

 

Berikut ini TIPS Saat Puasa yang di sampaikan oleh Drg. Atikah Sabrina Alyani :

  1. Menjaga Kebersihan Mulut
  2. Minum Air Putih 8 – 10 gelas pada saur dan berbuka
  3. Hindari makanan berbau menyengat pada saat sahur seperti Jengkol, pete, durian dan lain sebagainya
  4. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur
  5. Kurangi makanan manis dan lengket
  6. Tidak merokok, Tidak Minum Kopi dan Minum Al cohol
  7. Sebaiknya Minum The Hijau
  8. Pastikan anda konsultasi kedokter gigi setiap 6 bulan sekali

Di sesi Tanya jawab saya mengajukan pertanyaan tentang kondisi gigi anak saya yang berusia 5 tahun. Treatment apa yang sebaiknya dilakukan ketika gigi susu depan sudah mulai keropos akibat dari makan nya sering di emut. Apakah di tambal atau dibiarkan saja sampai gigi dewasa nya tumbuh atau dicabut?

 

Fayza Diperiksa Gigi_Kopka Event

Kemudian Drg. Atikah Sabrina Alyani menyarankan untuk ditambal sambil menunggu gigi dewasa nya tumbuh. Karena ketika akar gigi sudah mulai rusak dapat menghambat pertumbuhan bentuk gigi dewasa pada waktu nya nanti.

Goodie Bag_Claris
Aloe Vera Gel by Nge Jamu
Goodie Bag Ngejamu_Opi Rahmita

 

Sponsor lain nya yaitu Nge Jamu Indonesia yang menciptakan produk berbahan dasar lidah buaya yang diproses dengan berbagai uji lab dan bekerja sama dengan pakar tanaman obat.

Aloe Vera Tomat Gel bermanfaat untuk :

a. Meredakan kulit berjerawat

b. Mengatasi Kulit Berminyak

c. Mencerahkan Kulit wajah

d. Sebagai make up romover

Cara Pakai :

Tuangkan pada telapak tangan oleskan pada bagian kulit atau rambut yang dibutuhkan dan dapat digunakan setiap hari. Tidak untuk kulit yang alergy terhadap lidah buaya. hanya untuk pemakaian luar dan tidak untuk di konsumsi.

Demikian penulisan saya tentang MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT BULAN RAMADHAN. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pembaca yang baik hati sudah bersedia meluangkan waktu nya dan mohon maaf atas kesalahan dalam penulisan karena sesungguh nya setiap manusia yang tidak sempurna, rendah hati dan cerdas adalah manusia yang selalu membuka hati dan fikiran nya untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

Salam

Opi Rahmita

www.opirahmita.com

 

16 thoughts on “MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT BULAN RAMADHAN”

  1. Gugu adalah salah satu organ pentung yg kudu dijaga ya mba. Ga cukup sikat gigi saja.Aku baru tau ada yg namanya brnang gigi hehe. Thabks for sharing mom.b

  2. Wah ternyata tempat praktek dokternya dekat sekali dengan rumah saya bun hihihi. Makasih informasi dan ilmunya. Dari semua tips di atas, saya jarang banget ikh periksa gigi yang 6 bulan sekali. Padahal kalau di puskesmas yang ada poli giginya gratis ya bun

  3. ah iya juga ya, ternyata sikat gigi saja gak cukup ya.. mesti ada perawatan lainnya juga.. apa lg kontrol rutin ke Dokter gigi selama 6 bulan sekali, itu luput banget deh aku, gak teratur 🙁 makasii sudah diingatkan mbak..

  4. Aku termasuk tim yg bilang sikat gigi cukup mba. Makanya langganan plak gigi. Wkwk. Entah kenapa biar udh beli tu benang gigi pasti ujung2nya lupa makai. Kalau ubat kumur sy msh takut2 nih. Tyt ad yg aman jg ya.

  5. Sikat gigiku baru diganti kalau bulu-bulunya sudah kasar aja, ternyata harus diganti dua bulan sekali, aku baru tahu. Mulai besok harus rajin demi kesehatan gigi sendiri. Terima kasih tips memilih sikat giginya, berguna sekali.

  6. wuah, sakit gigi bisa berhubungan sama penyakit jantung dan stroke ya? Ga bisa diremehkan banget ya masalah gigi ini. Mustinya sih gigi harus terus dirawat walau ga sakit

  7. Bulan Ramadan emang kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga. Walah gak sakit kadang sih suka bau mulut hehe. Apalagi pas gigi dna mulut lagi sakit, wuaah bisa2 terganggu ibadahnya. Penting emang buat persiapan puasa. Ini tips bagus, save buat Ramadan tahun depan, kalau msh dikasi umur 😀

  8. Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang bukan hanya dari luar saja ya mba, kita harus imbangi yg dari dalam seperti minum air putih dan makan makanan sehat lainnya.

  9. bau mulut emang bikin gak nyaman dan gak pede, apalagi untuk mereka yang sering banget ketemu client. Pastinya bikin gak nyaman ya… merawat gigi itu sangat penting, meskipun banyak orangyang berasumsi ke dokter gigi ya pas sakit gigi aja, padahal melakukan cek gigi secara rutin itu perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *