Mewarnai dengan Faber Castell Colour to Life Membuat Gambar Jadi Lebih Hidup

Fayza. Begitulah panggilan anak gadis saya yang kini berusia 5 Tahun bernama lengkap Alfisahr Fayza Arsyad. Sejak usia 20 bulan Fayza sudah Pandai memegang pensil. Setiap selesai mandi Fayza selalu meminta pinsil dan kertas putih untuk dicoret coret.

Fayza 20 Bulan belajar memegang pensil dengan sangat Baik. Opi Rahmita

Sambil Mama menyuapkan makanan kesukaannya. Memutarkan lagu anak anak kesukaannya. Sungguh kehidupan dirumah memang kami setting untuk kesehatan, kebahagiaan dan tumbuh kembang Fayza secara optimal & maksimal. Harapan Kami sebagai orang tua Fayza tumbuh menjadi Anak yang Hebat akhlak yang Mulia dan intellegence sesuai passion nya. Aaaamiiiiin Allohuma Aaamiiiin.

Fayza Belajar Menggambar Menggunakan Faber Castell Colour to Life

 

Stimulasi Fayza – Menggambar Faber Castell

Seiring berjalan waktu kini Fayza sudah pandai membaca. Menulis dan berhitung angka sederhana. Mewarnai adalah salah satu hobby dan kegiatan favorite nya baik dirumah maupun disekolah.

Fayza Lomba Mewarnai Juara 2

Fayza sedang menjalani proses belajar sambil bermain di Kelas TK B Permata Hati. Dibimbing oleh gurunya bernama Miss. Ika.

Fayza bersama dengan Miss Ika – Guru Pembimbing nya di Sekolah TK Islam Permata Hati.

Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan Terima Kasih yang tak terhingga kepada Miss Ika sebagai Guru Pembimbing Fayza disekolah atas Kebaikan dan Kesabarannya. Demi tercapainya target keberhasilan anak didik disekolah. Semoga Miss Ika sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aaaamiiiin.

Memahami bahwa menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Lewat menggambar, mereka bisa menuangkan beragam imajinasi yang ada di kepala mereka. Gambar-gambar yang mereka hasilkan juga dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak.

Fayza bermain dengan Faber Castell Colour to Life

Kebanyakan dari Orang tua yang peduli dengan perkembangan kreativitas putra-putrinya biasanya akan mengikutsertakan anak-anak mereka untuk kursus menggambar atau kursus melukis sejak dini, lomba mewarnai karena semakin muda usia anak, semakin mudah diarahkan potensi dan bakatnya.

 

Fayza Lomba Mewarnai

Selain itu, aktivitas mewarnai juga sudah menjadi bagian dari kehidupan si kecil, bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu kosong anak, tapi juga sebagai aktualisasi diri anak dalam bidang seni. Terlepas dari itu, perlu diketahui bahwa aktifitas mengambar dan mewarnai memiliki banyak manfaat bagi si kecil yaitu :

1. Sebagaiย Media Berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya, apakah itu perasaan gembira atau perasaan sedih.

2. Membantu Mengenal Perbedaan Warna seperti yang kita pelajari disekolah seperti warna warna pelangi yaitu : Merah. Jingga. Kuning. Hijau. Biru ungu dan lain lain.

Membiasakan si kecil untuk melakukan aktifitas mewarnai baik dengan krayon, pensil warna maupun spidol warna sejak dini dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu si kecil dalam berkreasi seiring dengan perkembangan usia mereka.

3. Warna Merupakan Media Terapi

Warna merupakan sebuah media terapi bagi banyak orang, bahkan warna kerapkali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Seorang anak yang mewarnai matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu. Selain itu cara si kecil menorehkan warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar mereka, sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan bahwa si kecil memeiliki kecenderungan gaya hidup teratur. Terlepas dari itu warna sendiri menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktifitas.

4. Melatih si kecil Menggenggam pensil

Bagi sebagaian anak, krayon adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggengam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.

5. Melatih Kemampuan Koordinasi

Kemampuan berkoordinasi merupakan manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktifitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

6. Mengembangkan Kemampuan Motorik

Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya.

7. Mewarnai Meningkatkan Konsentrasi

Aktifitas mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Seorang anak yang sedang menyelesaikan tugas mewarnai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun pun di sekelilingnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugas mewarnainya. Kemampuan berkonsentrasi inilah yang kelak berguna bagi si kecil dalam menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

8. Mewarnai Melatih Si Kecil Mengenal Garis Batas Bidang

Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai. Di masa awal si kecil memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar di hadapannya, hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan si kecil merasa nyaman dan exited terlebih dahulu dengan aktifitas mewarnainya. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia si kecil, mereka akan mulai menghargai dan memperhatikan garis-garis batas tersebut, dan berusaha untuk mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Membiasakan anak belajar mewarnai sejak kecil akan melatihnya lebih peka terhadap batasan garis sejak dini. Kemampuan inilah yang menjadi bekal mereka saat mereka mulai belajar menulis di buku tulis bergaris.

9. Mewarnai Melatih Si Kecil Membuat Target

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sinilah akan terpupuk rasa tanggung jawab si kecil dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya. Sikap ini akan membantunya menyelesaikan tugas-tugasnya kelak, dan juga melatihnya untuk tidak mudah menyerah dengan tantangan yang akan dihadapinya.

Fayza Juara 3 Lomba Mewarnai

Mengingat banyaknya manfaat aktivitas mewarnai bagi si kecil, tak ada salahnya jika para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya mewarnai gambar sejak dini, mulailah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu detail agar si kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya.

Fayza Menggambar Menggunakan Faber Castell

Jangan terlalu banyak memberi aturan, baik dalam pemilihan warna maupun memberi batasan garis, biarlah ia bereksplorasi dengan warna-warna dan gambar di hadapannya.

 

Dalam kesempatan ini, ijinkan saya mereview tentang Faber Castell – Colour To life yang dapat membuat gambar anda yang sudah diwarnai menjadi lebih hidup dengan menggunakan applikasi yang dapat anda download di iOS atau Google Playstore.

Faber castell ditemukan sejak tahun 1761. Dari hanya untuk sekedar menulis sebuah catatan kecil. Hingga pada lahirnya sebuah ide bahkan menjadi bagian dari sebuah sastra klasik. Tanpa terasa kehadiran sebuah pensil begitu dekat dengan lehidupan kita sejak jaman dahulu kala.

Sejak pertama kali dikembangkan pada abad ke 16 pensil telah banyak menginspirasi dan menjadi bagian dari sejarah dunia bagi banyak seniman dan tokoh dunia. Dari Johann Wolfgang Von Goethe dan Vincent Van Gogh ke Pablo. Gunter Grass bahkan Karl Lagerfeld.

Dan salah satu orang yang mempunyai peranan penting dari penyempurnaan sebuah pensil adalah Lothar Von Faber yang pada 2017 silam tepat merayakan 200 tahunย  kelahirannya didunia.

Lothan Von Faber (1817 – 1896) mengembangkan bisnis keluarga Faber yang terletak dikota Franconian Stein Jerman menjadi sebuah merk global.

Lothan Von Faber yang merupakan generasi ke 4 Keluarga Faber melakukan sebuah gerakan revolusioner dalam sebuah sejarah pensil dengan melakukan betagam jejak insoiratif dalam perkembangan bisnis Faber Castell.

Awalnya Fayza senang sekali mendapat 1 buah paket Faber Castell dan Fayza Tak Sabar ingin sekali mencoba nya. Setelah pulang sekolah Langsung di buka Fayza dan memulai mewarnai gambar demi gambar.

Fayza Mencoba Mewarnai menggunakan Faber Castle Colour to Life

Sebelum memulai berikut ini adalah Langkah Langkah Seru Bermain Bersama Colour to Life Faber Castell

1. Mewarnai gambar yang tersedia di Augmented Reality Colouring Book.
Disini kita bisa berkreasi sesuai dengan warna yang kita inginkan. Menciptakan karakter hasil rancangan kita. Melalui warna warna yang kita sukai.

Fayza Mewarnai Menggunakan Faber Castell Colour to Life

2. Download aplikasi Colour to life bisa di android atau iOS. Atau bisa langsung scan barcode yang ada dikemasan colour to life

3. Setelah berhasil download. Scan gambar Augmented Reality Colouring Book Sesuai denvan karakter masing masing.

Tersedia 5 pilihan karakter untuk dimainkan. Scan gambar dengan posisi yang benar dengan jarak 30 cm dari gambar dan permainan dimulai.

Selain bisa bermain game juga tersedia fitur kamera ysng bisa untuk selfie bersama dengan karakter favorite kita.

Bisa juga bermain dengan sang buah hati untuk mendidik nya lebih berkreasi. Berimajinasi dan have fun dengan fitur pendukung nya.

 

Setelah diwarnai menggunakan spidol Faber Castell kemudian di scan menggunakam aplikasi Colour to Life membuat gambar menjadi lebih hidup. Opi Rahmita

Produk Faber Castell ini sudah tersedia di Market Place https://www.tokopedia.com/Faber-Castell/Faber-Castell-Colour-to-Life.

Gramedia dan toko toko buku terdekat.

Selamat bersenang senang dengan Faber castell Colour to Life Bunda. Selain dapat mendidik si kecil bereksplorasi dan berimajinasi dengan permainan warna juga kita dapat Quality Time dengan Buah hati kesayangan. Terima Kasih Faber Castell.

 

Salam.

Opi Rahmita

 

 

51 thoughts on “Mewarnai dengan Faber Castell Colour to Life Membuat Gambar Jadi Lebih Hidup”

  1. Mewarnai bukan hanya sekedar corat coret warna di gambar ya, tapi juga banyak manfast serta stimulasi bagi yang menggambar. Apalagi Buat anak-anak dalam masa mengasah motorik kasarnya. Biar luwes jari-jarinya.

  2. Kaka Fayza kereeenn, pinter gambar dan mewarnai. Kayaknya jam terbangnya buat ikutan lomba gambar dan mewarnai dah lumayan yaaa. Btw adek dema jg punya faber castell to life lhoooo๐Ÿ˜

  3. Banyak juga ya manfaat mengambar dan mewarnai. Btw keren inovasinya Faber Castell membuat gambar 3D, anak-anak pasti jadi makin suka mewarnai. Apalagi lihat hasil karyanya seolah-olah bergerak.

  4. Wah…kerennya Kakak Fayza ini, bagus banget mewarnainya. Ajarin Tante juga dong..Tante suka mewarnai juga lho..apalagi pakai pensil warna kayak Faber Castle.๐Ÿ˜

  5. Fayza pintar sekali mewarnainya, jadi pengen mencoba juga Faber Castel yang berteknologi AR ini seru bgt lihatnya. Tapi moms masih banyak ternyata orang tua yang memberi batasan penggunaan warna pada anak saat mewarnai.

    • Terima kasih Tante. Practice make perfect. Jangan pernah lelah. Bosan dan menyerah dalam menstimulasi anak anak. Selain melatih motorik kasar juga menambah kepercayaan dirinya.

  6. Dulu semasa kecil aku bertanya tanya kenapa anak anak identik deegan kegiatan mewarnai .. ternyata emang stimulus yg baik ya mba. Thanks for sharing ๐Ÿ˜‰

  7. Wahh dik Fayza hebat deh hasil gambarnya bagus, dan ini aplikasinya juga mendukung banget agar anak makin tertarik untuk mewarnai, kalau boleh jujur aku juga tertarik beli deh,haha buat obat kalau mood lagi gak bagus, tapi sayang banget stock yg di tokopedia barusan aku cek habis jadinya belum kebeli deh, huftt

  8. Fayza cantik dan pinter ya mba.. InshaAllah kalo sejak kecil sudah kreatif seperti fayza Kelak menjadi anak yang sukses ya.. colour to life faber castell ini memang menarik ya mba.. hampir semua anak suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *