Pengalaman Berprofesi di KidZania yang Tak Terlupakan bersama Allianz

“Selamat Malam”, Selamat datang di Kidzania!!! Begitulah Kakak Kakak penjaga wahana menyapa anak anak yang ingin mencoba wahana yang tersedia di Kidzania. Kemudia Fayza bertanya, Mama : kenapa kakak itu bilang “Selamat Malam”? lalu saya berusaha menjelaskan bahwa Kidzania adalah Dunia Imajinasi (khayalan) dan anak anak bisa bermain berprofesi orang dewasa seperti menjadi Koki, Pemadam Kebaran, polisi, presenter, dokter, penari dan ada lebih dari 100 profesi yang terdapat di Kidzania Jakarta. Beberpa profesi yang diperankan anak – anak akan mendapatkan Gaji. Wow Seru yah!

Apa itu Kidzania? Kidzania pusat rekreasi waralaba berasal dari Meksiko yang menyajikan konsep bermain sambil belajar bagi anak anak usia taman kanak kanak sampai sekolah dasar. Dengan konsep replica kota (theme Park) dalam ukuran anak anak, pusat rekreasi ini memiliki jalan raya kini telah hadir di Jakarta dengan mengusung unsur pendidikan dan edutainment.
Saat ini telah beroperasi 24 KidZania yang tersebar di 19 negara antara lain adalah Mexico (Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco, Jepang (Tokyo dan Koshien), Indonesia (Jakarta), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Dubai), Korea Selatan (Seoul), Malaysia (Kuala Lumpur) Chile (Santiago) Thailand (Bangkok) India (Mumbai), Kuwait (Kuwait City), Filipina (Manila) Mesir (Kairo) Turki (Istanbul) Arab Saudi (Jeddah) Brasil (Sao Paulo) dan Inggris (London). Di Indonesia KidZania menempati ruang 7500m2 berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6 Kawasan Niaga Terpadu Jl. Jend. Sudirman Kav 52 – 55 Jakarta. Mampu menampung 1800 orang pengunjung dalam 1 shift. Disediakan Lift tersediri khusus pengunjung KidZania. Asyiiiik kan?!

Ini adalah pengalaman kali pertama untuk anak ku Alfisahr Fayza Arsyad yang saat ini berusia 5 tahun pada tanggal 18 Oktober 2018 di Jakarta yang bertepatan dengan hari Insurance Day bulan inklusi keuangan 2018.

Fayza bermain dan belajar di KidZania Jakarta

berkesempatan untuk hadir di Acara Launching Wahana Baru Secret Agent and Building Climbing bersama Allianz.
Allianz Indonesia tidak pernah berhenti berkomitmen untuk selalu berbagi pengetahuan dan memberikan literasi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat dari dewasa hingga anak – anak. “Kerja sama Allianz dengan KidZania ini merupakan bentuk komitment selanjutnya dari usaha Allianz untuk menanamkan konsep pentingnya perlindungan dan edukasi literasi keuangan kepada anak – anak sejak usia dini” ucap Joos Louwerier Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Fayza di KidZania Jakarta bersama Allianz

Selama ini Allianz Indonesia secara konsisten telah melakukan literasi keuangan bagi remaja usia 13 – 17 tahun melalui program My Finance Coach. Terhitung sejak pertama kali diselenggarakan ditahun 2011 tercatat sekitar 15.000 remaja tingkat SMP dan SMA telah mengikuti program pelatihan My Finance Coach.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Pada tahun 1989 Allianz mendirikan PT. Asuransi Allianz utama Indonesia. Perusahaan asuransi umum kemudian Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT. Asuransi Allianz Life Indonesia pada tahun 1996. Ditahun 2006 Allianz Utama dan Allianz Life Indonesia memulai asuransi syariah. Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

Tentang Group Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manajer asset terkemuka di dunia dengan 86 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan banyak manfaat dan berbagai layanan asuransi personal dan perusahaan, mulai dari asuransi property, jiwa dan kesehatan sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia dengan pengelolaan dana nasabah lebih dari 650 milliar Euro sementara Allianz Global Investor dan PIMCO sebagai manajer asset mengelola 1,4 Trilliun Euro asset tambahan milik pihak ketiga. Berkat interhasi sistematik ekologis dan criteria social pada proses bisnis keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainability Index. Pada tahun 2017 lebih dari 140.000 karyawan di lebih 70 negara meraih total pendapatan 126 millyar Euro dan laba operasional sebesar 11 milliar Euro.

Ketika sampai di Kidzania, Fayza diberikan tiket masuk, gelang Electronic access dan Fayza diajak untuk datang ke bank KidZania untuk diberikan sejumlah uang (KidZos) gunanya uang mainan tersebut untuk dapat menikmati berbagai wahana.

Fayza menukarkan tiket KidZania dengan Uang KidZos untuk bermain wahana

Wahana pertama “Garuda IndonesiaFlight Simulator” wahana ini mengajarkan anak anak berimajinasi sebagai pilot dan awak kabin. Kamu akan membawa penumpang ketempat tujuan dengan aman dan nyaman. Pilot akan menerbangkan pesawat ke satu tujuan, sementara awak kabin akan menjelaskan prosedur keselamatan dalam pesawat dan membantu menyediakan makanan bagi para penumpang. Namun sangat disayangkan bahwa pendamping tidak diperbolehkan masuk untuk mengabagikan gambar. Karena setiap wahana terdapat camera CCTV. Sehingga pendamping hanya diperbolehkan menggambill gambar dari luar atau menunggu diluar.

Garuda Indonesia Flight Simulator. Opi Rahmita

Wahana Kedua “Pepsodent Dentail Clinic” wahana ini mengajarkan anak anak untuk menjadi seorang dokter gigi. Sebelumnya anak anak diajak nonton video tentang bagaimana merawat kesehatan gigi. Kemudian fayza diperkenalkan tentang alat alat kesehatan dokter gigi & isi rongga mulut. Memeriksa gigi pasien (Boneka Replika manusia). Membesihkan gigi yang berlubang, Gigi yang sehat dan gigi yang bagus. Naah wahana ini angat cocok dan bagus sekali untuk Fayza, karena Fayza makan nya di emut. Alhamdulilah saya bersyukur semenjak pergi ke “Pepsodent Dentail Clinic” fayza sekarang sudah sadar tentang bahaya makan di emut karena dapat mengakibatkan gigi menjadi bolong.

Fayza KidZania Jakarta bersama Allianz
Profesi Dokter Gigi. KidZania Jakarta bersama Allianz

Wahana ketiga “Pemadam Kebakaran” Jangan kaget jika tiba – tiba terdengar sirine pemadam kebakaran meraung – raung mengitari arena atau taksi mungil dan mini bus melintas dalam kota KidZania. wahana ini Fayza belajar tentang menjadi seorang pemadam kebakaran. Di wahana ini antrian nya luar biasa sekali. Karena bunyi sirine nya yang Seruuuu!! dapat menarik perhatian anak – anak sehingga Fayza pun tidak ketinggalan ingin sekali mencoba wahana ini. Sebelum menaiki kendaraan pemadam kebakaran, Fayza diajak nonton video tentang rumah Beruang yang terbakar, setelah itu secara serentak anak anak diminta menggunakan seragam pemadam kebakaran kemudian beramai ramai menaiki mobil pemadam kebakaran. Kemudian turun disalah satu rumah yang terbakar kemudian menyemprotkan air dirumah yang dibuat seolah olah terbakar. Fayza merasa bangga sekali waktu itu karena dapat memadamkan api dan menolong beruang.

Profesi Pemadam Kebakaran. KidZania Jakarta bersama Allianz

 

Profesi Pemadam Kebakaran. KidZania Jakarta bersama Allianz

Wahana Keempat “Petugas Pom Bensin” masih dalam antrian yang lumayan panjang, di wahana ini fayza di ajarkan bagaimana menjadi petugas pom bensin yang sopan dan santun melayani pembeli yang mengemudikan mobil kemudian berhenti sejenak untuk membeli bensin. Sambil melihat meteran Fayza juga di stimulasi tentang bagaimana mengisi bensin dengan cara yang benar.

KidZania Jakarta bersama Allianz
Bersama Gie mengisi Bensin di KidZania & Allianz Indonesia

Wahana Kelima “Johnsons Shiny drops dance studio” ini wahana yang paling seruuu!!! Fayza sangat menikmatinya karena Fayza paling suka menari. Ketika masuk kedalam wahana ini anak – anak diajak untuk nonton video tentang princess yang menggunakan costume dan menari nari. Setelah itu Fayza masuk kedalam ruang ganti costum dan taraaa!!!! Fayza berubah menjadi Princess, kemudian berdandan bak Princess dan melakukan gerakan demi gerakan “Dancing Queen” yang dikoreografikan oleh Kakak – Kakak penjaga wahana.

Fayza Dancing Queen. KidZania Jakarta bersama Allianz
Dance Studio KidZania Jakarta bersama Allianz Indonesia

 

Touch Up Dancing Queen KidZania Jakarta bersama Allianz Indonesia

Wahana keenam “Dulux Easy Clean” disini Fayza dan teman teman belajar tentang memahami padu padan warna dan mencoret coret tembok yang sudah dilapisi dengan cat Dulux Easy Clean, bahwa belajar kotor itu baik. Fayza juga diajarkan tentang mengoperasikan mesin mixing colour. Dengan mesin itu kita dapat menghasilkan berbagai warna yang kita inginkan. Fayza juga diajarkan untuk mewarnai hewan laut menggunakan tablet.

 

 

Fayza KidZania Jakarta  Terlihat sekali anak anak sangat bahagia karena mereka dengan bebas bereksplorasi menyalurkan passion mereka bermain warna melalui cat Dulux Easy Clean.
Dulux Easy Clean KidZania Jakarta

 

Mencoret Tembok bersama Dulux Easy Clean. KidZania Jakarta
Dulux Easy Clean Mixing Colour Machine KidZania Jakarta

 

Bersama Teman Teman Dulux Easy Clean KidZania Jakarta

Wahana ketujuh “KidZania Jakarta Hotel” diwahana ini Fayza dan teman teman belajar menjadi karyawan hotel. Seolah olah mereka sedang bekerja di Hotel bintang lima dan mereka mendapatkan gaji. Mereka belajar membersihkan kamar hotel. Memasak didapur dan lain sebagainya dengan menggunakan seragam selayaknya karyawan Hotel.

Wahana kedelapan “BellFoods” nah ini adalah wahana yang paling greget dan membuat Fayza happy dan penasaran. Tentu saja dengan antrian yang panjang setiap anak diberikan bulatan adonan yang siap giling, dicetak sesuai dengan bentuk dan karakter kesukaan mereka dan kemudian digoreng sehingga siap dimakan. Makanan ini disebut Nugget.

Wahana kesembilan “Presenter Dubidubidam” saya tidak pernah menyangka bahwa Fayza memiliki bakat dibidang presenter. Ketika ditanya Kakak Kakak penjaga wahana. “Siapa disini yang sudah pintar membaca???” kemudian dengan sigap Fayza langsung angkat tangan. Saya. langsung takjub melihat perkembangan Fayza yang begitu pesat. Kemudian Fayza diminta maju kedepan untuk diarahkan membaca naskah Presenter di studio mini rTV. Bersama partner presenter bernama Dema. Setelah latihan beberapa kali kemudian Fayza diajak ke fitting room untuk mengganti pakaian Presenter Acara anak – anak bernama Dubi Dubi Dam. Setelah itu take one.. camera… action! Semua anak anak menari sesuai dengan arahan choreographer kakak penjaga wahana. Di wahana ini terlihat Fayza sangat menikmati acaranya dan dengan lincah nya Fayza mengikuti gerakan demi gerakan. Selesai dari Wahana ini Fayza meminta saya “Mama.. boleh gak Fayza menjadi Presenter di Dubi Dubi Dam kalo Fayza sudah besar?” “tentu saja boleh nak… “ jawab saya.
Hari sudah semakin sore, ini adalah Wahana kesepuluh “Noodle Factory” merupakan wahana terakhir. Disini Fayza dan teman teman belajar tentang bagaimana caranya membuat mie yang biasa kita santap sehari hari. Mulai dari mencuci tangan sebelum memegang adonan, kemudian setiap anak diberikan adonan untuk di giling menggunakan mesin penggiling khusus mie yang terbuat dari steanless. Tahap demi tahapan proses pembuatan mie selesai sudah Fayza ikuti dan Fayza sudah mulai mengantuk. Selesai di wahana ini KidZania bersegera membereskan setiap kegiatan menandakan bahwa semua wahana di KidZania akan segera ditutup.

Berbagi informasi tentang acara hari itu bahwa sekitar 500 lebih anak yatim yang diundang oleh Allianz yang juga ingin menikmati wahana seru di KisZania. Karena Allianz meresmikan wahana baru bernama “Secret Agent and Building Climbing” wahana baru ini diresmikan langsung yang ditandai dengan hand scan oleh Bapak Kerry Riza selaku President of KidZania Jakarta. KidZania Jakarta menyambut baik kehadiran establishment Allianz Secret Agent & Building Climbing dimana dapat menjadi tempat untuk anak – anak bermain dan menyalurkan keterkarikannya akan sesuatu yang menantang. Berperan sebagai agent rahasia dan atlet panjat gedung dapat membangun karakter anak menjadi tegas, lincah, mampu mengambil keputusan dan berfikir cepat. Serta cooperative dalam team worknya. Harapan kami sebagai orang tua melalui establishment ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dan merasakan langsung profesi orang dewasa yang berguna untuk menentukan cita – cita kelak.
Akhir kata, dengan penuh kesyukuran saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Allianz Indonesia dan KidZania Jakarta dan seluruh pihak yang terkait yang telah berjibaku sehingga acara ini terselenggara dengan sangat baik.
Dengan membahagiakan anak anak Yatim dan kami semua yang hadir, doa kami semoga bisnis di Indonesia semakin maju dan berkembang. Aaaamiiiin.
Salam hangat.
Opi Rahmita
+628119660461
www.opirahmita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *