SELENDANG ARIMBI MENGANGKAT NILAI POSITIF PADA ANAK – ANAK

Foto Bersama Anak Rusun – Script Writter, Producer & Artistic Director, Stage Director & Choreographer, Owner Ciputra ArtPreneur – Operet Aku Anak Rusun 2. (Koleksi Opi Rahmita)

Pers Conference Aku Anak Rusun 2 – Ciputra Artpreneur Jakarta 25 September 2019

LOGO
OPERET ANAK RUSUN –

Jakarta, 25 September 2019. Menghadiri Pers Conference AKU ANAK RUSUN 2 berlokasi di Ciputra Artpreneur Theater Retail Podium, Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940.

Sebuah proyek yang diprakarsai oleh Ibu Veronica Tan, Aku Anak Rusun awalnya dimulai dengan tujuan memberikan dan mempromosikan kegiatan positif untuk semua anak dari banyak Rumah Susun di seluruh Jakarta. Berangkat dari membuka peluang bagi semua anak dari TK hingga SMA di 5 Rusun; Pulo Gebang, Tambora, Marunda, Tipar Cakung, dan Cakung Barat, menjadi bagian dari musikal ini melalui audisi dan casting. Dari nol hingga pelajaran vokal dan menari, hingga pelatihan akting, hingga masuk ke studio rekaman, dan hanya melalui 3 bulan persiapan yang ajaib, anak-anak ini berada di panggung dengan ribuan penonton menyaksikan mereka seperti bintang.

Pers Conference Aku Anak Rusun 2 – Ciputra Artpreneur Jakarta 25 September 2019

Melanjutkan kesuksesan penampilan tahun 2017 lalu, tahun ini Operet Aku Anak Rusun yang ke – 2 berjudul “Selendang Arimbi” akan diadakan pada tanggal 16 November 2019 di Ciputra ArtPreneur.

Operet Aku Anak Rusun adalah drama musical seputar kehidupan anak rusun di Jakarta yang diadakan oleh Soundkestra dan Yayasan Waroeng Imaji atas inisiasi Ibu Veronica Tan dan bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi talenta anak rusun dibidang seni music dan pertunjukan,

Seluruh hasil penjualan tiket dan sponsorship akan dikembalikan untuk pelatihan anak rusun. Operet aku anak rusun “Selendang Arimbi” mengangkat nilai toleransi, solidaritas, semangat mewujudkan mimpi yang disajikan dalam tari dan lagu Indonesia serta melibatkan talenta anak – anak Indonesia dari 3 rusun yang dikoordinasi Oleh Yayasan Nirlaba.

Sebagai orang tua sudah sepatutnya kita mengajarkan kualitas karakter baik pada anak. Salah satunya adalah sikap TOLERANSI. Anak – anak bisa diajarkan sikap toleransi sejak usia dini. Apalagi ketika dia hidup di negara yang penuh dengan keberagaman kulturasi seperti Indonesia. Dengan latar belakang yang berbeda anak – anak harus bisa bermain bersama dan menjunjung tinggi nilai toleransi. Kami sangat optimis nilai – nilai itu sangat penting untuk anak – anak dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Cara mengajarkan anak tentang toleransi adalah dengan memberikan atau memberikan contoh teladan dalam kehidupan sehari – hari. Anak-anak, apalagi di usianya yang masih muda, mengembangkan nilai-nilai kehidupan dasar sebagian besar dari cerminan sikap dan nilai-nilai yang ditunjukkan dari lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Oleh sebab itu perlu kerjasama dan kekompakan masing masing keluarga untuk membentuk karakter anak.

Toleransi juga merupakan simulasi karakter yang baik yang patut diajarkan kepada anak – anak. Apa saja manfaat Stimulasi bagi perkembangan Anak? Untuk tumbuh dan berkembang menjadi Anak Hebat, dibutuhkan stimulasi yang tepat dan seimbang bagi si Kecil, baik pada aspek IQ yang berhubungan dengan daya pikir maupun EQ yang berhubungan dengan rasa peduli. Setiap anak itu memilki beberapa potensi kecerdasan antara lain yaitu :

  1. Kecerdasan Intelektual (IQ) yaitu Kecerdasan untuk mengasah kemampuan memecahkan masalah dan mengasah kreatifitas.
  2. Kecerdasan Emosional (EQ) yaitu Kecerdasan untuk melatih kemampuan berempati dan perduli kepada orang lain.
  3. Kecerdasan Sosial (SQ) yaitu Kecerdasan atau Kemampuan social praktis untuk memahami apa yang butuh dilakukan dalam membantu orang lain.

Ibu Veronica Tan, selaku Founder Yayasan Waroeng Imaji mengatakan Konsep Operet Aku Anak Rusun bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak – anak rusun untuk berkreasi dibidang seni. Ternyata banyak anak – anak rusun yang memiliki talenta luar biasa dan masih bisa dikembangkan lagi. Setelah keberhasilan Operet Aku Anak Rusun yang pertama pada tahun 2017 melihat konsep ini dapat terus dilanjutkan, sehingga tahun ini hadir dengan Operet Aku Anak Rusun 2.

Konten Operet Aku Anak Rusun 2 yang berjudul “Selendang Arimbi” mengangkat nilai positif yang relevan dengan anak – anak dan masyarakat umum seperti nilai toleransi, solidaritas dan semangat mewujudkan mimpi bercerita tentang seorang anak rusun bernama Arimbi, yang bercita – cita menjadi penari. Tantangan yang datang silih berganti tidak menggetarkan Arimbi untuk tetap meraih cita – citanya. Didukung oleh teman – teman rusunnya Arimbi menghadapi segala tantangan dengan positif. Tidak hanya belajar untuk focus pada cita – cita, Arimbi juga belajar banyak hal mengenai solidaritas dan toleransi.

Vanda Parengkuan – Penulis Naskah Operet Aku Anak Rusun 2 mengatakan, “Drama musika AAR – Selendang Arimbi ini dipersembahkan khususnya untuk dua kelompok anak – anak yaitu :

  1. Anak – anak rusun yang memainkan drama musical ini dipanggung
  2. Anak – Anak lainnya yang menonton pertunjukan ini

Melalui dialog tokoh – tokoh cerita, alur cerita, lagu dan tarian diharapkan baik anak – anak yang berperan di panggung maupun anak – anak bisa belajar berempati pada sesama manusia tanpa memandang perbedaan.

Sejak usia dini belajar tentang bersahabat dalam keragaman, juga belajar untuk pantang putus asa dalam mencapai cita – cita.

Dovieke Angsana – Producer & Artistic Director mengatakan untuk konser kali ini ada 3 rusun yang ikut serta yaitu dari Rusun Rawa Bebek, Daan Mogot dan Pulo Gebang dan mengikutsertakan 130 anak sebagai penari, 12 anak sebagai pemeran inti dan 40 anak sebagai penyanyi.

Kami bersyukur mendapat dukungan dari Gerakan Kepedulian Indonesia sebagai coordinator rusun dan Tim Gloriamus yang melaksanakan pelatihan paduan suara. Akan ada sekitar 20 lagu – lagu Indonesia yang berbeda dari musical kami yang pertama, termasuk lagu anak – anak tradisional dan bahkan lagu – lagu yang akan dinyanyikan oleh Almarhum Chrisye ataupun Koes Plus. Lagu lagu tersebut diaransemen ulang oleh Soundkestra dan dikemas dengan berbagai genre yang lebih modern.

Lagu – lagu yang dibawakan antara lain janger, Marilah kemari, padang bulan dan rangkaian medley lagu anak – anak seperti Anak Kambing Saya, Naik – Naik kepuncak gunung, Semut – Semut kecil dan masih banyak lagi yang mungkin sudah tidak dikenal oleh anak – anak zaman sekarang.

Rita Dewi Saleh – Stage Director & Choreographer, Pelaksaan audisi dan casting para pemain Operet Aku Anak Rusun 2 Selendang Arimbi sudah dilakukan oleh saya sebagai sutradara dan koreografer.  Anak – anak rusun dilatih intensif selama sekitar 2 bulan oleh Tim Kami. ‘

Penampilan pertama kami dari “Operet Aku Anak Rusun: Ada Gulali Di Hatiku” dipentaskan di Teater Ciputra Artpreneur pada September 2017. Dengan banyak ulasan dan responds yang luar biasa dari khalayak dan pers, 2 bulan kemudian, pertunjukan lain dilakukan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada November 2017. Tidak diragukan lagi karena dukungan yang luar biasa dari banyak sukarelawan dan sponsor bahwa proyek “Operet Aku Anak Rusun” dapat terjadi. Harapan terbesar tim Operet Aku Anak Rusun adalah untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan berkreasi.

Anak – anak ini dilatih oleh para pekerja seni yang mumpuni dibidang drama musical. Tiket operet Aku Anak Rusun “Selendang Arimbi” dapat dibeli mulai tanggal 25 September 2019 di www.akuanakrusun.com dengan harga :

a. Rp. 750.000 untuk kelas Diamond

b. Rp. 500.000 untuk kelas Gold

c. Rp. 350.000 untuk kelas Silver

Jadwal Tampil :  Sabtu 16 November 2019

Show 1 : jam 14.00 WIB

Show 2 : jam 17.30 WIB

Informasi mengenai Operet Aku Anak Rusun 2 dapat  dilihat juga di Instagram @akuanakrusun

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :

Julianty Tulung – julianti.tulung@gmail.com

Ika Pramono – Inke Maris & Associates – ika.pramono@inkemaris.com – 021.8281250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *