Kenapa Harus Datang Ke Indonesia Properti Expo 2019?

Jakarta, 3 Februari 2019. Saya menghadiri undangan Blogger Gathering di pameran Indonesia Properti Expo 2019 bertempat di Hall A dan B Balai Sidang Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, kali ini DPD REI Dki Jakarta bekerjasama dengan PT. Ad-house Clarion Event. Event ini diadakan pada tanggal 2 sampai dengan 10 February 2019.

Dokumen Pribadi Opi Rahmita


Memiliki hunian yang nyaman dengan konsep modern minimalis merupakan dambaan setiap insan, terutama bagi kaum urban dan pasangan muda. Kebetulan sekali saat ini saya dan keluarga sedang mencari hunian yang sekaligus bisa dijadikan tempat usaha berlokasi dipusat kota Jakarta. Karena keadaan dan kondisi, akhirnya kami memilih untuk mencari hunian baru yang sesuai dengan kebutuhan keluarga kami.


Buat kami rumah bukan hanya sekedar untuk tempat berlindung dari panas dan hujan, rumah juga merupakan tempat kami berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga tercinta setelah seharian beraktifitas diluar rumah, rumah juga membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Saya tipikal Ibu yang senang dengan kerapihan dan kebersihan, kadang daun – daun kering Pohon tentangga yang jatuh dihalaman rumah kami juga membuat saya dan keluarga saya harus dibersihkan. Diibaratkan sebagai ladang pahala saja.

Apalagi ketika rumahnya aman (bebas maling), bersih, cozy instagramable dan nyaman dengan AC yang dingin, alunan music Jazz serta cemilan sehat dapat membuat penghuni rumah merasa betah dan produktif. Selain dapat menghemat budget untuk nongkrong dicafe lebih nyaman ketika hal tersebut dapat dilakukan didalam rumah bersama keluarga.


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa ajang pameran merupakan sarana paling efektif dan efisien bagi masyarakat calon konsumen dalam menentukan lokasi pilihan dan berbagai tipe perumahan juga bagi pengembang sendiri merupakan wahana paling menguntungkan dalam menjaring konsumen. Juga kontribusi paling penting dalam penyediaan hunian bagi masyarakat. Walaupun tahun 2019 ini akan dihadapkan pada tahun politik (pemilihan presiden) namun optimisme bisnis property terutama dalam penjualan rumah sebagai hunian masih berjalan positif. Keyakinan tahun 2019 masih tetap dalam kondisi baik untuk investasi property mengingat masih tingginya angka kebutuhan rumah yang masih belum terpenuhi.


Gad Permata selaku Vice President Director PT. Adhouse Clarion Event menegaskan bahwa “Kita tetap optimis dengan event pameran property yang setiap rutin diadakan di JCC sebagaimana biasanya. Di event bulan Februari 2019 ini, kita memakai 2 Hall pameran di JCC yang selalu diikuti oleh para developer (pengembang) komersil dan subsidi”.
Pameran bertajuk “Pesta KPR BTN” ini sekaligus untuk membantu kebutuhan hunian sebagai solusi mengatasi backlog penyediaan beragam jenis produk real estate di Indonesia.

Source Youtube : Indonesia Properti Expo 2019


Sambutan dari Ketua DPD REI Jakarta Bapak Amran Nukman HD menghimbau bahwa kepada para pengembang perumahan khususnya peserta pameran untuk selalu senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan maupun kualitas produk perumahan itu sendiri. Dan kepada calon konsumen Bapak Amran Nukman HD menghimbau untuk senantiasa berhati hati dalam memilih property, melakukan transaksi dan menentukan pemilihan lokasi. Karena kecerobohan dalam bertransaksi akan berakibat pada kekecewaan dan penyesalan dikemudian hari.

Source : youtube Indonesia Properti Expo 2019

Sambutan dari Direktur Utama PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Bapak Maryono menyampaikan bahwa acara IPEX 2019 kali ini merupakan yang ke 35 kalinya diselenggarakan dimana BTN merupakan sponsor tunggal guna penyediaan fasilitas kredit/ pembiayaan KPR atau KPA. Adapun total developer (pengembang) yang berpartisipasi pada evet kali ini berjumlah 167 pengembang yang terdiri dari 116 KPR non Subsidi dan 51 pengembang KPR bersubsidi dengan total proyek properti sebanyak + 869 proyek yang tersebar diseluruh Indonesia.

Bank BTN juga mempersembahkan begitu banyak penawaran istimewa pada IPEX kali ini diantaranya yaitu :

  • Suku bunga KPR yang murah sebesar 6,69% fixed rate 1 tahun bekerja sama dengan pengembang pilihan
  • Bebas biaya provisi dan biaya administrasi
  • Bebas pengendapan dana
  • Uang muka ringan mulai dari 1%
  • Diskon asuransi jiwa sebesar 20%
  • Program hadiah langsung tabungan batara bagi calon konsumen yang akad ditempat.

Dengan adanya program sejuta rumah yang telah dicanangkan oleh pemerintah maka BTN telah berkomitment untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian yang layak dengan fasilitas perbankan yang prima.

Bank BTN berharap atas terselenggaranya event IPEX ini akan memudahkan masyarakat untuk melihat langsung serta membandingkan pilihan property yang ada baik dari sisi harga, lokasi, fasilitas dan kualitas bangunan. Bank BTN sangat yakin dan percaya bahwa dukungan perbankan pada sector property akan mempercepat lajunya pertumbuhan ekonomi karena sector property memiliki multiplier effect yang besar untuk pertumbuhan Nasional. Bank BTN juga akan turut ambil bagian dalam mendukung pertumbuhan sector property baik dari sisi supply and demand melalui produk dan jasa layanan perbankan Bank BTN.

Sebagai integrator dari program sejuta rumah Bank BTN akan turut mendukung sisi supply dengan membuka Housing Finance Center (HFC) untuk merintis para kontraktor yang siap terjun didunia property serta membantu ekspansi bisnis pengembang melalui penyaluran kredit konstruksi property. Hingga saat ini Bank BTN telah berhasil meluluskan entrepreneur propertu sebanyak lebih dari 800 orang.

Berikut ini terdapat 9 alasan kenapa harus datang ke Indonesia property Expo 2019 :

  1. Lokasi dan Lingkungan
  2. Lebih Efisien
  3. Akses menuju tempat beraktifitas
  4. Infrastruktur
  5. Harga yang terjangkau
  6. Prosesnya harus lebih mudah pada saat pengajuan KPR di Property Expo
  7. Check reputasi Pengembang (Developer)
  8. Banyak Promo Menarik salah satunya suku bunga rendah 6,69%
  9. Design dan Kualitas Bangunan

Selain itu untuk meramaikan pameran juga ada beberapa acara yang mendukung untuk meramaikan event pameran seperti seminar, talkshow yang berkaitan dengan millennial dan property, financial planner. Blogger competition modern minimalist living, talkshow Fengsui, IG Photo contest, lomba menggambar dan mewarnai tingkat anak anak, atraksi barongsai, opera anak dan live music.

Dokumen Pribadi Opi Rahmita


Talk Show yang saya ikuti kali ini dipanggung harian salah satunya yaitu talk show mengenai “Dekor Rumah Ala Instagram” dengan nara sumber Mbak Irma Alaydrus sebagai Design Photography dan Mbak Adelya sebagai Design Interior (Home Décor).

Talkshow kali ini dibuka oleh Ibu Ani Berta selaku founder Komunitas Indonesia Sosial Blogpreneur membuka acara dengan menyapa teman teman blogger dan mempersilahkan Mbak Adelya untuk berbagi tips tips nya tentang konsep hunian modern minimalis dengan Tema sebagai berikut :

Dari Kiri ke Kanan – Ibu Ani Berta. Mbak Adelya. Mbak Irma Alaydrus
  1. Boho : Dekorasi Bohemian atau Boho adalah konsep bagi mereka yang ingin rumahnya penuh dengan kehidupan, budaya dan barang barang menarik untuk dilihat oleh seluruh dunia. Estetika ini terlihat dihadapan sensibilitas modern dengan merangkul ruang santai.
Source : pinterest.com

2. Industrial : Gaya Industrial mengacu pada tren estetika dalam design interior dengan mengambil petunjuk dari sebuah pabrik pabrik tua serta dalam ruang industry dalam beberapa tahun terakhhir telah dikonversi menjadi loteng dan ruang hidup lainnya. Gaya design Industrial paling umum diminati oleh kebanyak orang termasuk dikota kota besar.

Industrial Design Interior Source :arsitag.com

3. Japanesse : Konsep ini dengan design interior dari Negara Jepang karena rumah mereka dipandang sebagai salah satu perwujudan minimalis terbesar didunia saat ini. Terlepas dari keindahannya yang sempurna, konsep minimalis jepang dikenal karena kombinasi kesederhanaanya, kecanggihannya dan kecanggihannya.

Japanesse Design Interior Source : warkacider.com

4. Minimalist : Rumah yang tampak bersih dan terang mengutamakan cahaya terang yang masuk ke dalam rumah sehingga dapat menghemat biaya listrik. Bentuk nya geometris dan tidak terlalu banyak barang – barang dekorasi. Minimalist bersifat dapat memaksimalkan barang – barang secara fungtional. Untuk pemilihan warna dan ornament bisa menggunakan kayu tua, hitam putih dan dusty pink.

Minimalist Design Interior Source : freshome.com

Kemudian Mbak Irma Alaydrus berbagi tips tentang interior styling. Ketika kita bosan dengan suasana rumah, kita bisa pindahkan sebagian barang dengan mengganti layout tata letak dekorasi barang – barang yang ada dirumah. Bisa juga dengan menjual furniture yang lama kemudian budgetnya bisa dibelikan dengan furniture yang baru disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan rumah. Pada talkshow kali ini kita belajar bersama – sama tentang bagaimana mengambil gambar pada design interior (Photography interior) yaitu sebagai berikut :

  • Perlu diperhatiakan bahwa kamera harus sejajar dengan ojek yang akan difoto (tidak boleh miring) aktifkan grid
  • Diambil beberapa gambar dari beberapa sudut dan angel yang berbeda
  • Sebagai bahan perbandingan usahakan mengambil 1 hari 3 foto kemudian pilih yang terbaik menurut standard interior photography
  • Untuk dekorasi meja usahakan disesuaikan tinggi rendahnya meja yang akan diambil gambarnya.
  • Untuk dapat cahaya yang natural. Matikan lampu ruangan dan untuk menambah variasi letakan cermin didepan meja atau kursi.
  • Bagi anda yang menggunakan handphone photography gunakan yang pro, low shutter speed.
  • Jangan lupa untuk menambahkan soft texture sebagai pemanis yang berhubungan dengan object photo.

Prinsipnya apapun dekorasi rumah apakah itu interior maupun exterior disesuaikan dengan kemampuan atau udget yang kita miliki serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan rumah.

Pameran ini memberikan banyak sekali manfaat, untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk datang ke Indonesia Properti Expo 2019. Oh ya. Event ini tidak dipungut biaya sedikitpun (Gratis) sampai jumpa dipameran yah!

Salam Sayang
Opi Rahmita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *